Kota Karismatik Madiun, Menuju Kota Pendidikan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun,Jawa Timur, melalui Dinas Kominfo, menggelar Forum Koordinasi Kehumasan dan Jumpa Pers, dengan tema “Penyelenggarakan Pendidikan Menengah Dan Peluang Pendidikan Tinggi Di Kota Madiun” di Gedung Diklat, Senin 30 April 2018.

Dalam sambutan tertulis Walikota Madiun yang dibacakan Penjabat Sekda, Rusdiyanto, antara lain mengatakan, visi sistem pendidikan nasional sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa mengisyjratkan pengelolaan dan penyelenggarakan pendidikan semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat harus berlangsung sinergi.

“Visi pendidikan nasional dimadsudkan untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkwalitas, mampu dan proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah,” demikian sambutan tertulis Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, yang dibacakan Penjabat Sekda, Rusdiyanto.

Dalam era globalisasi dan informasi seperti saat ini, lanjutnya, keterbukaan telah menjadi kateristik kehidupan yang demokratis. Hal ini membawa dampak pada cepat usahanya kebijakan maupun praktik pendidikan. Parameter kwalitas pendidikan, baik dilihat dari sisi segi pasokan, proses dan hasil pendidikan selalu berubah.

“Tanggungjawab pendidikan merupakan tanggungjawab bersama. Baik pemerintah, masyarakat dan orang tua. Oleh sebab itu, pendidikan harus secara terus menerus perlu ditingkatkan kwalitasnya melalui sebuah pembaharuan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan agar mampu mempersiapkan generasi penerus bangsa sejak dini. Sehingga memiliki unggulan kompetitif dalam tatanan kehidupan nasional dan global,” paparnya.

Pasca ditetapkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, lanjutnya, mulai tahun 2017 administrasi pengelolaan SMA sederajat diambil alih oleh pemerintah provinsi. Pemerintah kabupaten/kota hanya menangani sekolah dasar dan SMP.

“Secara kelembagaan, perubahan struktur organisasi perangkat daerah pada pemda kabupaten/kota merupakan hal yang tak dapat terelakkan. Demikian pula halnya dengan provinsi,” lanjutnya.

Penjabat Sekda Kota Madiun, Rusdiyanto, mengatakan, dari sisi peningkatan mutu pendidikan, Kota Madiun lebih baik.

“Kemudian terkait dengan pendidikan tinggi, sebagaimana kita ketahui bersama, atas inisiatif pemerintah daerah telah ada Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) dan Poltek Negeri di Kota Madiun. Alhamdulillah perjalanannya juga baik. Dari infrastrukturnya dan penerimaan mahasiswa, juga baik,” terang Rusdiyanto.

Selain itu, Kota Madiun juga ada SMA Taruna Angkasa dan beberapa sekolah favorit lainnya. Baik tingkat SMA maupun SMP. Sehingga sudah selayaknya, Kota Madiun mendapat predikat sebagai kota pelajar atau kota pendidikan.

Acara yang dihadiri oleh kepala OPD, tokoh pendidikan dan insan pers ini, menghadirkan narasumber direktur API, Politeknik Negeri dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Madiun. (Dibyo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *