KPU Teken MOU Dengan Tiga Kampus

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Demi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah teken Memorandum of Understanding (MOU) dengan tiga Kampus di Timika.

Kegitan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang kepemiluan dan pendidikan demokrasi antara KPU Kabupaten Mimika dengan STIE Jembatan Bulan, STKIP Hermon Timika, dan Politeknik Amamapare, di salah satu Hotel di Timika, Selasa (11/6).

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau dalam sambutannya yang diwakili Kordiv Hukum, Hironimus Ladoangin Kiaruma mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika
sebagai lembaga penyelenggara pemilu merasa sangat penting untuk bekerjasama dengan lembaga akademis dalam rangka mensukseskan pilkada serentak 2024 ini.

“Dalam jangka pendek kita berharap penandatanganan nota kesepahaman ini ditindaklanjuti dengan antisipasi dari kampus di badan ad hoc kita (KPU) terutama di pantarlin yang paling dekat, kemudian kami berharap juga pada pembentukan KPPS,” ungakp Hironimus.

Hironimus menambahkan, Pihaknya berharap teman-teman dari kampus dapat mengirimkan person-personnya untuk didaftarkan dalam badan ad- hoc tersebut, baik itu pantarli maupunn KPPS dalam rangka kegiatan utamanya atau yang paling penting adalah pendaftaran data pemilih
Karena data pemilih menjadi soal dari pemilu ke pemilu, dari pilkada ke pilkada.

“Semoga dengan adanya kerjasama dengan ketiga kampus ini dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam menyukseskan pilkada 2024 ini,” tandasnya.

Karena dalam mensukseskan pemilu ini tentu bukan hanya kampus yang akan diajak kerjasama tetapi semua pihak terkait akan diajak untuk ikut memberikan partisipasi, sumbangan pikiran, tenaga dalam rangka mensukseskan pilkada nanti.

“Suksesnya pilkada bukan hanya tanggungjawab penyelenggara saja, tetapi tanggung jawab semua pihak, lembaga yang ikut terlibat di dalamnya,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua STKIP Hermon Timika, Densemina Yunita Wabdaron, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“STIKIP Hermon Timika komitmen untuk mendukung KPU dalam pendataan pemilih. Kolaborasi ini penting dan kami siap untuk bertanggung jawab dalam memastikan data pemilih yang akurat,”ungkapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya peran akademisi, dalam mendukung proses demokrasi yang lebih baik.

Sementara Ketua STIE Jambatan Bulan, Tharsisius Pabendon
menambahkan bahwa dukungan dari pihaknya akan difokuskan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar tanpa mengganggu penyelenggaraan pemilu itu sendiri.

“Kami akan memastikan kehadiran mahasiswa kami tidak menambah beban bagi KPU, tetapi justru membantu dalam kelancaran Pilkada,” Katanya.

Selain itu, Ketua Politeknik Amamapare, Herman Dumatubun, mengatakkan bahwa pihaknya siap berkolaborasi untuk pendataan pemilih dengan mengikuti arahan KPU.

“Kami berterima kasih atas kerja sama ini dan akan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama dalam mendukung proses demokrasi,”pungkasnya.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait