KPU Wonosobo Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

  • Whatsapp
Sosialisasi Pemilu Kpu wonosobo
KPU Wonosobo mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap. Foto : Istimewa

WONOSOBO, beritalima.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di tingkat TPS pada Pemilu 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu 27 Desember 2023 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 23 Balai RW 09 Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah.

Bacaan Lainnya

Robingul Ahsan, anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaran Pemilu menjelaskan simulasi ini sebagai upaya menghadirkan keadaan riil sesungguhnya di TPS pada 14 Februari 2024.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai metode sosialisasi pada warga setempat. Yang tidak kalah penting juga simulasi ini menjadi bahan evaluasi bersama bagi penyelenggara Pemilu di tiap tingkatan,” terangnya.

Guna menciptakan seperti hari-H Pemilu 2024, pemilih disabilitas, pemilih yang masuk daftar pemilih tambahan, serta pemilih yang menjadi daftar pemilih khusus atau mereka yang hadir hanya berbekal KTP elektronik atau KTP digital di dalam aplikasi IKD juga dihadirkan pada simulasi tersebut.

Tampak simulasi pemungutan suara tersebut dimulai dari 07.00 – 13.00 WIB. Berperan sebagai KPPS adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Mojotengah.

Sementara Pemilih dalam DPT, pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) serta pemilih dengan kebutuhan khusus juga dikutsertakan.

Rapat penghitungan suara dimulai pukul 13.00. Simulasi penghitungan hanya dilakukan untuk surat suara Presiden dan Wakil presiden dan DPR RI. Ketua KPPS menutup rapat simulasi pemungutan dan penghitungan suara pukul 16.30 WIB.

Turut hadir menyaksikan proses simulasi tersebut perwakilan dari Polres Wonosobo, Kesbangpol, Bawaslu, Forkompimca, Ketua PPK se-Kabupaten Wonosobo, serta PPS se-Kecamatan Mojotengah. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait