Lantik Sekdes, Kades Blendis Indri Supriadi: Harus Amanah dan Istiqomah

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Usai melalui beberapa tahapan seleksi penyaringan dan penjaringan perangkat guna mengisi kekosongan formasi Sekretaris Desa (Sekdes) yang telah purna, Pemdes Blendis, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada Sekdes terpilih, Predi Sumawan, Rabu 27 Desember 2023.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala Desa Blendis, Indri Supriadi, di Aula Balai Desa setempat.

Dalam sambutannya, Kades mengucapkan selamat kepada Predi Sumawan atas jabatan barunya sebagai Sekretaris Desa Blendis

“Segera bekerja menyesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Selamat datang di belantara dunia Blendis. Mari berjuang bersama membangun desa mengabdi kepada masyarakat,” ucap Indri.

Ia berpesan, agar Sekdes amanah. Karena menurutnya, amanah itu paling susah. Bahkan jika tidak hati-hati bisa terpeleset. Namun ia yakin Sekdes yang baru bisa membawa amanah bagi seluruh warga masyarakat Desa Blendis.

“Kedua, istiqomah. Kita ikhtiar sama-sama tegak lurus membangun desa, mengabdi kepada masyarakat. Ini hanya seremonial saja, artinya secara hukum sudah sah menjadi pejabat atau perangkat Desa Blendis. Tetapi yang ditunggu masyarakat apa yang bisa diperbuat, dilakukan dan benar-benar bisa memegang amanah dan itu harus dibuktikan,” tandasnya.

Menurutnya, tidak akan pernah bisa menjadi sempurna dalam melayani seluruh permintaan masyarakat. Tetapi tetap berusaha untuk mendekati kesempurnaan itu dengan dibuktikan membangun desa.

“Semoga dengan adanya niat, amanah dan Istiqomah membangun Desa Blendis, kita dapat bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Indri mengungkapkan, terkadang suara orang lima yang kritis lebih besar daripada suara ribuan orang yang mempunyai hak pilih. Maksudnya, jika ngobrol di warung warung terkait isu, terkadang sangat kencang.

“Kita tidak akan bisa membuat senang seluruh warga masyarakat, tetapi kita berusaha untuk membuat senang seluruhnya. Karena kodrat kita hanya ikhtiar dan berusaha,” ungkapnya.

Menjadi perangkat, paparnya, berbagai isu sempat dibicarakan. Ada isu baik dan ada juga yang buruk. Untuk itu, sebagai tokoh dan pamong sekaligus pelayan masyarakat, apapun yang mereka katakan harus ditampung.

“Kita buktikan bersama-sama jika bergandengan tangan, Desa Blendis akan maju, bekerjasama dengan baik, sesuai aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Saya harapkan, mulai hari ini kita berjuang bersama sama,” harapnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Muharto (Sekdes Blendis) yang lama atas dedikasi dan perjuangan selama puluhan tahun ini. Semoga pengabdiannya selama ini bisa menjadi tambahan amal baik atas izin Allah SWT,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Gondang, Endra Kusriawan, juga mengucapkan selamat kepada Sekdes Blendis terpilih dan telah dilantik.

“Selamat! Sudah diambil sumpah oleh Pak Kades, sekaligus menjadi pengemban amanah selaku Sekdes Desa Blendis yang baru,” tutur Endr’.

Sekdes yang baru dan sudah dilantik serta telah diambil sumpah jabatan, lanjutnya, imulai detik ini sudah menjadi bagian dari lingkup kantor Desa Blendis.

“Segera menyesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab. Harus bisa mewujudkan dan bekerja dengan sebaik-baiknya. Kalau jadi pamong itu bukan sebagai pegawai atau ASN yang waktunya dibatasi. Tapi kalau jadi pamong harus siap 24 jam,” tegasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait