Kunjungan Dubes Jepang, Irwandi Bahas Berbagai Kerjasama

  • Whatsapp

ACEH, Beritalima – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, di kediamannya di Lampriet, Banda Aceh, Selasa 29 Agustus 2017.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas banyak hal terkait ekonomi, pariwisata, mitigasi bencana, ketenaga kerjaan, hingga olah raga.

Irwandi juga berterimakasih untuk hubungan baik yang selama ini telah terjalin antara Aceh dan Jepang.

Terkait sector ketenaga kerjaan, Irwandi mengutarakan keinginannya untuk mengirim lebih banyak lagi tenaga magang dari Aceh keJepang. Hal itu diharapkan dapat melahirkan lebih banyak tenaga terampil yang dimiliki Aceh nantinya.

Selanjutnya, terkait pariwisata, Irwandi mengatakan, Aceh memiliki potensi wisata yang begitu besar, namun belum sepenuhnya tergarap maksimal. Untuk itu, Irwandi berharap Pemerintah Jepang dapat membantu Aceh dalam pengelolaan sector tersebut.

Terkait sector ekonomi, Irwandi menjelaskan, Aceh memiliki peluang bisnis yang cukup besar yang dapat dikembangkan dan dikelola dengan lebih baik lagi.

Di antaranya, kata Irwandi, Aceh memiliki laut yang luas dengan ketersediaan ikan yang berlimpah. Salah satunya ikan tuna yang diekspor keberbagai negara, termasuk Jepang.

Namun, lanjut Irwandi, proses ekspor tuna selama ini dilakukan melalui perantara pihaklain, sehingga kedepannya diharapkan dapat dilakukan secara langsung.

Sementara itu Duta Besar jepang Masafumi Ishii, mengatakan dirinya sangat kagum dan jatuh cinta pada alam Aceh yang indah.

Dia juga kagum dengan kopi danmie Aceh, dan berjanji akan mempromosikannya ke Jakarta dan Jepang.

Terkait mitigasi bencana, Masafumi mengatakan akan melanjutkan kerjasama terkait mitigasi bencana yang selama ini sudah terjalin.

“Yang terpenting, generasi masa depan harus belajar dari pengalaman tsunami generasi sebelumnya,” ujar Masafumi.

Pertemuan tersebut juga diikut iistri Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi, Darwati A. Gani yang juga istri Gubernur Irwandi, Kadis budpar Aceh Reza Fahlevi, Kepala Bapeda Aceh Azhari, Kepala Dinas tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, T Bahagia,’’(Aa79)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *