Kunjungan Kapolda Jatim ke Bondowoso Diwarnai Aksi Boikot Oleh Jurnalis

  • Whatsapp

BONDOWOSO, Beritalima.com – Kedatangan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin dalam rangka kunjungan kerja ke Mapolres Bondowoso, diwarnai aksi boikot oleh sejumlah jurnalis.

Aksi boikot yang dimotori oleh Forum Jurnalis Lintas Media (FJLM) Bondowoso ini merupakan bentuk protes atas tindakan tidak kooperatif Polres Bondowoso kepada para pewarta.

Koordinator FJLM Bondowoso, Bastiyar Arifin mengatakan, aksi boikot ini juga sebagai peringatan kepada seluruh jajaran Kepolisian khususnya di Bondowoso agar tak menyepelekan tugas para Jurnalis.

“Kami memilih aksi boikot dengan tidak meliput terkait kegiatan kunjungan Kapolda Jatim ke Bondowoso hari ini sebagai bentuk protes agar Polres Bondowoso bisa introspeksi, sehingga tak lagi meremehkan kerja para Jurnalis dan bersikap kooperatif,” kata Bastiyar Arifin, Kamis (6/4/2017).

Dikatakan Bastiyar, aksi ini tak hanya memboikot pemberitaan terkait kunjungan Kapolda, namun seluruh kegiatan dan berita yang terkait langsung dengan Polres Bondowoso. Saat ditanya kapan aksi boikot ini berakhir, Bastiyar tak bisa memastikan hal tersebut.

“Boikot akan kami lakukan sampai ada solusi dari Kapolres Bondowoso. Karena kami merasa selama ini hanya kami yang diminta mengerti kinerja Polres, namun Polres sendiri seperti tidak mau tahu tentang bagaimana kami melaksanakan tugas,” imbuhnya.

Sehari sebelumnya, FJLM sudah mengeluarkan surat pernyataan sikap memprotes sikap Polisi yang dianggap tak kooperatif kepada pekerja media. Dalam rilisnya disebutkan, sikap tak kooperatif ditunjukkan di beberapa kasus dimana Polres Bondowoso kerap menunda memberikan keterangan kepada media secara langsung saat peristiwa terjadi.

Alasan yang kerap disampaikan adalah, pernyataan resmi akan diberikan saat rilis dilakukan beberapa hari setelah peristiwa. Padahal, jurnalis selalu dituntut untuk menyajikan informasi yang aktual. Belum lagi adanya perlakuan kasar oleh anggota Polisi yang diterima Jurnalis kala melaksanakan tugas beberapa waktu lalu.

Hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari Kapolres Bondowoso, AKBP Afrisal, terkait aksi boikot ini.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *