Kunjungan Spesifik DPR RI Diterima Bupati Jombang di Pendopo

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kunjungan Kerja rombongan Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Jombang diterima Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (2/2/2023) sekitar pukul 13.00 wib hingga selesai. Bupati didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Jombang, juga didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta didampingi Kepala Kepala OPD lainnya.

Kunker spesifik Komisi IV DPR RI ke Jawa Timur termasuk Kabupaten Jombang salah satunya adalah menjalankan fungsi pengawasan dan meninjau ketersediaan pangan nasional. Rombongan dipimpin Anggia Erma Rini selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR dari fraksi PKB, lalu Budisatrio Djiwandono sebagai Wakil Ketua dari Fraksi Gerindra dan Ruadi Masse Mappasessu selaku Wakil Ketua dari fraksi Nasdem beserta puluhan anggota lainnya di Jawa Timur.

Kunjungan selama di Jawa Timur 3 hari sejak tanggal 2 – 4 Febeuari 2023. Itu juga diikuti jajaran dari Kementerian, Badan Pangan Nasional, dan Direksi Perum Bulog. Sebelum tiba di Pendopo, para anggota dewan meninjau penggilingan padi gapoktan Pojok Kulon, Desa Pojok Kulon Kecamatan Kesamben. Juga meninjau penggilingan padi PT. Sinar Makmur Komoditas (SMK), di Jalan Gatot Aubroto, Jelakombo, Jombang.

”Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, saya menyampaikan selamat datang kepada Komisi IV DPR RI beserta tim rombongan di Kabupaten Jombang,’’ ucap Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat sambutan.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi karena Jombang telah dipercaya menjadi tujuan kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI ke Jawa Timur dalam rangka meninjau ketersediaan pangan nasional.

”Semoga melalui kunjungan kerja ini, Komisi IV DPR RI dapat menggali informasi strategis yang diperlukan di bidang ketersediaan pangan nasional di Kabupaten Jombang,’’ tambahnya.

Juga dijelaskan Bupati Mundjidah mengenai tanaman padi yang ditanam di atas lahan seluas 73.693,4 hektar yang tersebar di 21 Kecamatan menghasilkan 455.960,4 ton gabah kering giling (gkg). Sedangkan tiap tahunnya Kabupaten Jombang surplus beras hingga 100.000 ton lebih.

”Di Kabupaten Jombang, berkembang penggilingan padi. Baik yang dikelola oleh perorangan maupun kelompok tani. Salah satu usaha penggilingan padi skala besar di Kabupaten Jombang adalah penggilingan padi Gapoktan Desa Pojokkulon dan penggilingan padi PT. Sinar Makmur Komoditas yang telah dikunjungi dan ditinjau,’’ tandasnya.

Bupati dalam hal ini, perlu koordinasi yang baik antara masyarakat, pengusaha, dan pemerintah untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi dan ketersediaan pangan di Kabupaten Jombang, serta untuk menjamin ketersediaan pangan baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional.

”Dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, pengusaha dan legislatif sebagai wakil rakyat akan mampu memberikan dukungan dalam meningkatkan penyediaan pangan,’’ pungkasnya.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait