Dua Perangkat Baru Desa Sidem, Dilantik

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Penyaringan dan penjaringan perangkat Desa untuk formasi Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) dan Kepala Dusun (Kasun) Krajan telah usai. Berbagai tahapan sudah dilalui, sehingga terpilih dua nama dengan nilai tertinggi yang berhak untuk dilantik.

Dua Nama yang dilantik yaitu, M. Afif Saifudin Sebagai Kasipem dan Ika Nuraida R sebagai Kasun Krajan, Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Hadir dalam acara, Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung, Camat Gondang beserta unsur Forkopimcam, Guritno Kepala Desa Sidem, ketua BPD beserta anggota, Toga/Tomas dan tamu undangan.

Kepala Desa Sidem Guritno mengatakan, Pengisian perangkat Desa Sidem dari semua tahapan dapat berjalan dengan lancar. Kamis, (2/2/2023) sore.

“Saya ucapkan selamat kepada perangkat Desa yang saat ini dilantik. Semoga, saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana sumpah jabatan yang telah diikrarkan,” kata Gurit.

Gurit berharap, perangkat yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

“Harapan kami, dengan dilaksanakannya pengisian perangkat desa ini, dapat meningkatkan kinerja pemerintahan Desa yang maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Camat Gondang Sugeng Riyadi menyampaikan, tentunya dalam pelantikan perangkat Desa yang disaksikan dan hadiri ini, kedepan sangat membutuhkan bantuan, dukungan pengawasan dari masyarakat Sidem.

“Pemerintah Desa, Kepala Desa dan perangkat Desa sekarang di dalam melaksanakan tugas dan kewajiban itu tanggung jawabnya sangat berat. Maka dari itu, segala tugas dan dinasnya tidak boleh salah, jika lalai dan salah akan berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

Lanjut Camat, terlebih sekarang dalam peraturan pemerintah No 73 Tahun 2020 secara tegas bahwa, BPD mempunyai kewajiban mengawasi pengelolaan keuangan Desa.

Menurutnya, fungsi Kepala Desa dan Perangkat Desa mempunyai 3 kewajiban pokok yaitu, sebagai pelayan masyarakat (Pamong Desa), Aparatur Pemerintah dan tim pengelolaan keuangan Desa.

Ia juga mengucapkan, selamat kepada para perangkat Desa yang telah terlantik hari ini.

“Saya ucapkan selamat bagi yang sudah terpilih dan terlantik hari ini. Banyak orang yang ingin menjadi perangkat Desa, dan hanya kalian yang memenuhi kualifikasi untuk ditetapkan menjadi perangkat Desa. Ingat tanggung jawab dan kewajiban jangan diabaikan, mohon tunjukkan kinerja kalian yang luar biasa,” ucap Sugeng.

Di tempat yang sama, Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung Gianto menekankan bahwa, yang terlantik hari ini sudah menjadi abdi dan pelayan masyarakat.

Mohon selalu dipegang dan diingat bahwa kemerdekaan tingkah lakunya sudah terpangkas, tidak serta merta bisa bicara seenaknya sendiri.

“Sekarang sudah menjadi abdi masyarakat, tata bicara, tingkah laku agar segera menyelesaikan dengan jabatan perangkat. Karena sekarang sudah menjadi panutan dari warga masyarakat,” tekan Gianto.

M. Afif Saifudin ditemui usai dilantik mengungkapkan, tidak dipungkiri sangat bersyukur kepada Allah karena telah diberi kesempatan mengabdi dan menjadi perangkat Desa Sidem.

“Kedepannya, sebagai perangkat Desa Sidem, saya akan berusaha sebaik mungkin menjadi pelayan masyarakat, selalu belajar menjalankan tugas yang diberikan Desa,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait