Kunjungan Wisatawan ke NTT Terus Meningkat

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Angka kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Timur setiap tahunnya teus mengalami peningkatan. Pada tahun 2016, jumlah wisatawan nusantara (Wisnus) yang datang ke NTT sebanyak 889.633 orang, sebelumnya tahun 2015 sebanyak 441.136 orang. Demikian pula wisatawan mancanegara (Wisman) tahun 2016 sebanyak 113.089 orang, tahun 2015 sebanyak 66.860 orang.

Sementara itu, kunjungan Wisnus di tahun 2014 sebanyak 397.543 orang, Wisman sebanyak 65.939 orang.
“ Jumlah wisatawan meningkat, apalagi di Labuan Bajo, khususnya untuk destinasi Labuan Bajo itu lebih banyak wisatawan asing yang datang”, kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya saat Dialog Pemerintah Provinsi NTT dengan Pimpinan Lembaga Keagamaan di Kupang belum lama ini.

Pemerintah tengah berupaya untuk membangun rute kapal pesiar (cruise ship). Sebab kata Lebu Raya, Menteri Perhubungan sudah setuju untuk membangun carport di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Diharapkan agar kapal pesiar nantinya tidak lagi berlabuh di Bali tapi di Labuan Bajo.

“ Kapal pesiar itu akan keliling dari rute dari Labuan Bajo – Marakoko – Maumere – Lewoleba – Kalabahi – Atapupu – Tenau Rote – Sabu – Ende – Waingapu baru kembali Labuan Bajo. Ini yang kami tengah persiapkan”, jelasnya.
Kalau rute ini jadi maka di setiap spot disiapkan tempat – tempat untuk melihat kuliner, budaya dan cendera mata dan lain sebagainya, karena mereka punya waktu satu hari di darat, sorenya mereka lanjut lagi ke daerah lain.
Selain itu, juga pemerintah akan memperpanjang landasan Bandara Komodo di Labuan Bajo. Karena Presiden Jokowi sudah perintahkan supaya pesawat datang dari luar negeri langsung ke Labuan Bajo.

Dia menambahkan, di tahun 2016 Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan Anugerah Pesona Indonesia (API). Dari sembilan obyek yang dilombakan, NTT mendapakan enam objek yakni, 1) Tujuan Wisata Terpopuler Pantai Nihi Watu, Kabupaten Sumba Barat, 2) Situs Sejarah Perpopuler, Rumah Pengasingan Soekarno, Kabupaten Ende, 3) Tempat Menyelam Terpopuler, Pulau Alor, Kabupaten Alor, 4) Tempat Berselancar Populer Pantai Nembrala, Kabupaten Rote Ndao, 5) Atraksi Budaya Terpupuler Pasola, Kabupaten Sumba Barat, dan 6) Dataran Tinggi Terpopuler Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende. (Ang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *