Kurang Tidur Bisa Bawa Penyakit?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Pak Budinkaryawan sebuah diskotik kota Surabaya, sebagai Dj musik dan tiap hari pulang jam 04,00 subuh ini berlansung hampir 10 tahun, pembawaan kantuk kurus kreping dan suka sakit kepala.lain hal dengan Pak Andi kerja sebagai operator mesin pabrikĺ beda dengan PakmUdin vekerja sebagai Satpam yang tiap malam tak tidur bergadang sampai pagi.Kebutuhan akan tidur setara dengan pentingnya kebutuhan manusia akan makan dan bernapas. Kurang tidur jika dibiasakan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Lalu, apa yang terjadi jika kita kurang tidur?

Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Kebutuhan tidur tiap orang tidak sama. Namun secara umum, dibutuhkan tidur berkualitas selama 7 – 9 jam setiap hari, agar fungsi penting di atas dapat berjalan optimal. Bagi anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur berkisar antara 8 – 10 jam setiap hari.Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi, bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun, menguap sepanjang hari, dan sulit untuk konsentrasi. Beberapa hal berikut ini juga dapat terjadi jika Anda sering kurang tidur:
1. Menderita penyakit serius2.
2. Mudah sakit dan susah sembuh
3. Menurunnya performa seks
4. Menurunkan daya ingat
5. Mempercepat penuaan dini

APA EFEK SAMPING KURANG TIDUR:
1. Kantuk menyebabkan kecelakaan
2. Kurang tidur membuat “bodoh”
3. Dapat menyebabkan masalah kesehatan seri
4. Membunuh dorongan seks
5. Rasa kantuk membuat depresi
6. Mempercepat penuaan dini
7. Menurunkan daya ingat atau membuat jadi pelupa
8. Membuat berat badan bertambah
9. Meningkatkan risiko kematian
10. Mengganggu penilaian

Demikian pengetahuan tentang kurang tidur kami aajikan semoga bermanfaat agar and jangan banysk bergadang kurang tidur dalam sehari hari.
Rob3rtoNews1549 《17.9.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait