Kurangnya Air Bersih, Pemkab Bondowoso Akan Lakukan Penyulingan di Desa Botolinggo

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat berencana akan menggagas program penyulingan air di Dusun Cemper, Desa Botolinggo. Hal tersebut sebagai jalan keluar agar di daerah tersebut tidak dilanda kekeringan hebat ketika musim kemarau tiba.

“Saya terinspirasi waktu berkunjung ke Arab saudi. Di sana tidak ada sumur bor. Di sana air laut yang diproses menjadi air bersih yang digunakan untuk air minum dan mencuci. Di Botolinggo perlu ke depan akan dibangun sejenis program seperti itu,” kata Wabup Irwan usai monitoring uji coba sekolah tatap muka di SMA Negeri 2 Bondowoso, Senin (24/8/2020).

Bacaan Lainnya

Wabup Irwan menjelaskan, penyulingan atau penyaringan air tersebut akan memanfaatkan air sungai.

Air sungai yang mulanya tidak layak minum akan diproses menjadi air layak minum. Air sungai akan ditarik ke pusat pengolahan untuk dijadikan air bersih.

Dengan program tersebut, terang Irwan, setiap tahun dipastikan wilayah tersebut tidak akan kekurangan air bersih meski sedang menghadapi musim kemarau.

“Program itu nanti Pemda tidak setiap tahun mensuplai air bersih ke sana,” ujarnya.

Wabup Irwan juga mengaku telah memerintahkan Sekda Syaifullah untuk melakukan peninjauan ke wilayah tersebut. Saat berkunjung ke Botolinggo pihaknya telah memberikan simulasi terkait cara air sungai yang disaring menjadi air bersih untuk dapat digunakan sebagai air minum.

“Yang jelas rencana konstruksinya akan menarik air dari sungai dengan alat penyulingan atau pengolahan air menjadi air bersih,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait