Lampaui MURI, Hampir 1000 Anak SD di Touna Sikat Gigi Secara Masal

  • Whatsapp

Ampana – Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) tahun 2022 sebanyak 957 Siswa yang tersebar di Empat Sekolah Dasar di Kabupaten Tojo Una-una melakukan sikat gigi secara masal dan secara Nasional (13/09/2022) .

Pantauan Media , Sebanyak 957 Siswa Sekolah Dasar yang tersebar di Empat Sekolah di Kabupaten Tojo Una-uan mengikuti Sikat Masal sevara serentak seluruh Indonesia bersama bersama Ribuan siswa SD seluruh Indonesia yang digelar oleh kemenkesd RI yang dipusatkan di GBK.

Pantia Pelaksana mengatakan . Dengan Jumlah ini di harapkan bisa mendapatkan Pemecahan Rekor Muri Sebagai Peserta terbanyak dari target Kemenkes 900 Siswa dalam sikat gigi Masal secara serentak.

“ Dimana Setiap tanggal 12 September sudah ditetapkan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional HKGN yang diperingati oleh PDGI se Indonesia “ kata drg.Ni Made Semerti Ketua Pelasana Kegiatan

Pelaksanaan sikat gigi serentak berlangsung mulai pukul jam 09.45 WITA dengan tema yang sama secara Nasional yakni Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia yang di buka secara langsung oleh Sekretartis Daerah Kabupaten Touna DR Sovianur Kure SE,MSi,

Sebelum pelaksanaan sikat gigi Bersama dumulai , para siswa SD diberikan penyuluhan dan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh Dokter Gigi dari PDGI Cabang Banggai Raya .

Kepala Dinas Kesehatan Touna, Jafanet Alfari Menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mengedukasi anak-anak sekolah dasar akan pentingnya menyikat gigi secara baik dan benar.

“seperti diketahui, penyakit gigi dan mulut masih menjadi masalah di indonesia. data hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) yang dilakukan oleh kementerian kesehatan ri menunjukkan, terdapat 57,6% penduduk indonesia mengalami masalah kesehatan gigi, dan hanya 10,2% yang telah mendapat pelayanan dari tenaga medis.” Terang Kadis Kesehatan

Di samping itu hasil riset yang sama juga menunjukkan 94,7% anak usia di atas tiga tahun sudah menyikat gigi, namun hanya 2,8% yang menyikat gigi dengan benar

Berdasarkan data PDGI Selaku panitia pelaksana saat Kabupaten Touna Masih Sangat Kekurangan Dokter Gigi . sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat menambah tenaga dokter gigi utntk ditempatkan di seluruh Fasilitas kesehatan Masyarakat seperti Rumah sakit da Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait