Lanud El Tari Kupang Dipersiapkan Jadi Tipe A

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Sesuai rencana strategis (Restra) TNI Angkatan Udara, Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang akan dipersiapkan untuk dijadikan Pangkalan Operasi Udara bertipe A.
“ Sekarang terjadi pembangunan secara bertahap. Pembangunan sudah mulai tahun lalu. Setiap tahun ada pembangunan, sehingga diharapkan pada tahun 2022 sudah bisa ditempatkan satu skuardon tempur tetap di Lanud El Tari Kupang,” kata Komdan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka saat Coffee Morning dengan wartawan di Kupang, Jumat (4/8).
Apabila Lanud El Kupang sudah naik tipe A, maka akan dikomandani oleh jenderal bintang satu. Dengan demikian personil akan menyesuaikan, sehingga akan berkembang sesuai dengan desting dari aturan pangkalan udara tipe A.
“ Jadi Lanud El Tari Kupang ini dipersiapkan ke depan sesuai rencana strategis, sarana prasarana. Setelah itu, pesawat tempurnya didatangkan ke sini,” jelas Moningka.
Terkait keberadaan pesawat tempur T-50i TNI AU yang hombesnya di Lanud Iswahyudi Madiun, Moningka menjelaskan, bahwa pesawat tersebut didatangkan ke Lanud El Tari Kupang dalam rangka untuk melaksanakan dua operasi, yaitu operasi kilas balik dan lintas cendrawasi 2017.
Operasi ini, intinya adalah menjaga keamanan wilayah perbatasan dan alur laut kepulauan wilayah Indonesia, yakni dalam hal ini melewati antara Pulau Flores dengan Pulau Timor. Dimana operasi itu dilaksanakan sebulan penuh, yakni dimulai 24 Juli hingga 24 Agustus 2017 mendatang.
Dalam acara Coffee Morning, Komdan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka didampingi sejumlah pejabat lainnya, yakni Kadislog Mayor Pas Made Samadra, Kadislog Mayor Kol Lopez Ximenes, Dansat pomau Mayor Pom M. Dasuki, Ka Intel Sus Azwari, Kakum Kapten Sus Guntur. Selain itu, juga hadir Komandan Skardron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi Madiun, Letkol Pnb Budi Susilo. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *