LaNyalla Minta Pemprov Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Sumatera

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Pulau Sumatera mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Soalnya, ungkap LaNyalla dalam keterangan pers yang diterima awak media, Jumat (30/7) malam, terjadi lonjakan kasus Covid-19 disejumlah daerah di Pulau Sumatera.

Peningkatan itu disampaikan sejumlah dokter dari Aceh, Jambi, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau dalam diskusi virtual bersama Tim Mitigasi PB IDI.

 

“Pernyataan tenaga kesehatan ini harus menjadi warning serius Pemprov di Sumatera. Jangan telat mengambil keputusan. Sebab dampaknya akan sangat buruk buat kesehatan, perekonomian masyarakat dan juga daerah,” tutur LaNyalla.

Indikasi peningkatan Covid-19 di Sumatera, terjadi di Jambi. Peningkatan kasus aktif di Jambi 442 kasus sehari.

“Kasus di Pulau Jawa sebenarnya sudah mulai landai, tetapi di luar Pulau Jawa mulai naik. Selain itu jumlah nakes yang terpapar dan meninggal karena Covid-19 juga mengalami peningkatan. Masalah ini tidak bisa dibiarkan dan perlu penanganan yang serius,” kata dia.

Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur ini meminta Pemprov di Sumatera segera mengambil langkah yang dibutuhkan.

“Beberapa hal yang harus menjadi perhatian diantaranya ketersediaan fasilitas kesehatan sebagai penunjang pengobatan. Faskes menjadi masalah disejumlah daerah. Kita ingin masalah ini bisa diminimalisir,” jelas dia.

 

LaNyalla mengimbau agar Pemerintah Daerah (Pemda) di Sumatera untuk belajar dari penanganan kasus serupa di Jawa.

“Belajarlah dari kasus-kasus yang terjadi di Jawa-Bali. Penanganan yang serius, baik dari penyiapan faskes dan juga pengendalian dengan menggalakan vaksinasi bagi warga, bisa diikuti. Begitu juga dengan penerapan prokes yang lebih ketat,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait