LaNyalla Reses ke Jombang Angkat BUMDes Menjadi Pengungkit Ekonomi Desa

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti pada masa reses ke Kabupaten Jombang dikemas dengan Sarasehan dan Serap Aspirasi Masyarakat dengan memgambil tema Otonomi Desa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, hadir Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Jombang, di Gedung Islamic Center, Sabtu (23/12/2023).

AA LaNyalla dalam sambutannya setelah Pj. Bupati Jombang Sugiat, S.Sos., M.Psi.T memperkenalkan diri bahwa Pjm Bupati Jombang putra asli daerah pernah berdinas sebagai Kabinda Sulawesi Barat, ingin pulang kampung sekaligus ingin membangun Jombang.

LaNyalla memberi apresiasi kepada Kabupaten Jombang atas prestasi yanh audah diraih baik di tingkat regional maupun nasional.

“Dimana di antaranya keberhasilan Kabupaten Jombang menyabet tiga penghargaan sekaligus untuk kategori Top BUMD di tahun 2023 ini. Kita beri aplaus untuk Kabupaten Jombang,” jelas Ketua DPD RI.

Bagi LaNyalla tidak hanya pada BUMD meraih prestasi Tetapi BUMDes yang ada di desa-desa juga menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Jombang.

“Bagi kami di DPD RI, peran BUMDes seharusnya bisa menjadi pengungkit ekonomi desa. Sebab keberadaan BUMDes sangat penting bagi kemandirian ekonomi desa,” jelasnya.

Menurutnya, BUMDes bisa mendorong kontribusi keuangan desa dari hasil usaha karena BUMDes bisa memotong permainan para Tengkulak yang memainkan harga pasar. Apalagi selama ini petani dengan lahan kecil, atau peternak kecil, hanya memiliki akses pasar melalui para tengkulak.

“Sehingga jika BUMDes bisa mengorganisir petani kecil dan menjual hasil pertanian atau perkebunannya langsung ke Pasar, pasti Tengkulak tidak mampu memainkan harga dan petani kecil mendapatkan hasil penjualan yang lebih layak,” pungkasnya.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait