Melki Laka Lena, Ingatkan Pekerja Migran Harus Ikuti Prosedur

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, bersama BP3MI NTT melakukan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman.

Kegiatan ini berlangsung di GKII Kupang, Sabtu (23/12), yang dihadiri Kasubag TU BP3MI NTT Lukas Doni Pura, serta mahasiswa.

Melki Laka Lena, yang juga Ketua DPD I Golkar NTT mengingatkan kepada warga NTT yang ingin bekerja ke luar negeri agar mengikuti prosedur dan mekanisme yang benar.

Ia menegaskan, calon pekerja migran harus melengkapi semua persyaratan, baik itu dokumen kependudukan maupun dokumen terkait keberangkatan ke luar negeri. Dan ini bisa menjadi pegangan jika berurusan dengan perusahaan di tempatnya bekerja.

“Jadi tidak boleh satu pun dokumen yang tidak dipenuhi, sehingga tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan disana”, kata Melki Laka Lena, menambahkan.

Selain itu, lanjut Melki Laka Lena, calon pekerja migran harus dibekali dengan keterampilan utama dan ketrampilan/pengetahuan tambahan.

Keterampilan utama bersentuhan dengan apa yang menjadi pekerjaannya di luar negeri.

Untuk yang ketiga, jelas Melki Laka Lena, harus mengenal tempat kerjanya baik nama perusahaan, pimpinan, direksi dan nama orang Indonesia yang ada dalam satu perusahaan tersebut.

“Hal ini penting, sehingga bila terjadi sesuatu di Indonesia atau di pekerja itu sendiri, bisa mudah melakukan komunikasi,” jelas dia.

Ia menambahkan, calon pekerja migran harus betul-betul dipersiapkan dengan berbagai pelatihan.

“Selain dibekali kemampuan teknis dan bahasa, penting pula untuk dibekali pemahaman tentang kultur atau budaya negara tujuan mereka”, katanya (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait