Latih Guru Agar Siswa SD/MI Gemar Membaca

  • Whatsapp

CALANG – Upaya untuk mendorong minat dan budaya baca pada sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Jaya terus dilakukan. Salah satu kegiatan untuk hal tersebut adalah melatih guru kelas awal dalam memanfaatkan Buku Bacaan Berjenjang di sekolah dasar. Pelatihan yang berakhir hari ini (19/10) tersebut, telah dilaksanakan selama 3 hari di SDN 1 Indra Jaya, khusus untuk guru kelas awal SD/MI yang berada di Gugus Indra Jaya sebanyak 30 orang peserta.

Model pelatihan yang dikembangkan ini membiasakan siswa untuk terbiasa membaca mengerti bukan hanya lancar membaca. “Dengan membaca mengerti, siswa harus mengetahui dan memahami apa yang dibaca sehingga mereka terbiasa membaca dan membaca menjadi budaya”, jelas Saed Ridha Program Asisten USAID PRIORITAS Kab. Aceh Jaya.

Senada dengan Saed, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Aceh jaya yang diwakili oleh Pengawas Sekolah Dasar, Banta Kemari SPd, dalam Sambutannya saat pembukaan menyampaikan bahwa membaca bukanlah hal yang baru dan sudah dilaksanakan di sekolah tetapi selama ini pelaksanaannya belum terarah. “Antara membaca mandiri dan membaca terbimbing belum sepenuhnya terarah, kami harapkan para guru kelas awal dapat memahami dan melaksanakan metode ini di sekolah,” harap Banta, terutama agar siswa lancar membaca, tumbuh minat membaca dan gemar membaca.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut USAID PRIORITAS mengibahkan Buku Bacaan Berjenjang sebanyak 3.672 exemplar kepada 6 sekolah SD/MI di kecamatan Indra Jaya.***

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *