Layanan Bank Jatim Sat Set Wat Wet

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sudah 61 tahun PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) berkiprah di dunia perbankan. Selama itu pula Bank Jatim berusaha untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi perbankan.

“Sat Set Wat Wet” menjadi semboyan semangat Bank Jatim untuk terus responsif dalam memberikan layanan, menciptakan inovasi, serta meningkatkan kinerja keuangan secara keseluruhan demi mewujudkan visi menjadi BPD nomor satu di Indonesia.

“Pertumbuhan kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dimasa mendatang,” kata Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman. “Kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir juga menjadi bukti bahwa Bank Jatim dapat menjawab tantangan yang cukup berat beberapa tahun kebelakang,” tambahnya.

Menjadi semakin tangguh dan tumbuh, kinerja keuangan Bank Jatim semester I Tahun 2022 juga menunjukkan performa yang bagus bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY). Berdasarkan kinerja Juni 2022, Bank Jatim mampu mencatatkan aset sebesar Rp108,93 triliun, tumbuh 14,08%, dan laba bersih tercatat Rp815 miliar, tumbuh 1,49% (YoY).

Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim yang mencatatkan pertumbuhan 16,41% (YoY), yaitu sebesar Rp94,90 triliun. Sedangkan dari sisi pembiayaan, Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif, yaitu 2,21% (YoY) atau sebesar Rp43,54 triliun.

Menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, Bank Jatim mengadakan beberapa lomba dengan total hadiah sebesar Rp45 juta yang diikuti oleh para pegawai Bank Jatim dan masyarakat umum. Bebagai lomba itu mulai dari E-sport hingga band antar pelajar se-Jawa Timur, yang tujuannya untuk mencari bibit-bibit unggul para gamer dan talenta band di Jawa Timur.

Bertempat di ruang Bromo Lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim, bertepatan dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77, Bank Jatim merayakan hari jadi ke 61 tahun secara hybrid dan sederhana. Selain itu, juga menggelar jalan sehat yang diikuti keluarga besar Bank Jatim daerah Surabaya dan sekitarnya, di Airlangga Convention Center Kampus C Unair Surabaya, hingga terciptalah rekor MURI “Jalan Sehat Secara Serentak Oleh Karyawan Bank Daerah Terbanyak”.

Dalam sambutannya, Dirut Bank Jatim Busrul Iman menyampaikan terimakasih pada seluruh insan Jatimers yang telah bekerja keras selama ini, sehingga di usia ke 61 tahun ini kinerja Bank Jatim terus tumbuh dan berkembang. “Semoga kedepan Bank Jatim mampu mewujudkan impian untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia,” ucap Busrul.

“Pada tahun ini tagline HUT kita bertema Sat Set Wat Wet, yang merupakan semangat kita untuk lebih responsif dan tanggap dalam menyongsong perubahan yang cepat pada era digital saat ini. Para insan Jatimers harus berani bertransformasi untuk keluar dari comfort zone atau zona nyaman, sehingga Bank Jatim mampu menciptakan inovasi-inovasi yang dapat menunjang kinerja Bank Jatim secara keseluruhan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini Bank Jatim juga memberikan penghargaan kepada para UMKM binaannya melalui ajang UMKM Awards. Anugerah penghargaan ini diadakan sejak 2016 sebagai bentuk apresiasi pada para pelaku UMKM binaan Bank Jatim yang telah menyediakan lapangan pekerjaan baru serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran manajemen Bank Jatim. Dalam kegiatan ini Bank Jatim juga melakukan Launching JConnect Remittance yang secara pararel juga dilakukan di Negara Malaysia. Gubernur Khofifah pun sempat berinteraksi dengan pekerja migran Indonesia di Malaysia yang disertai dengan prosesi transaksi.

JConnect Remitance merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang yang bekerjasama dengan Merchant Trade Asia. Manfaat JConnect Remitance dapat melakukan pengiriman uang dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp99.000.000,-. Transaksi juga dapat dilakukan real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman.

Dalam sambutannya, Khofifah mengatakan, slogan sat set wat wet yang berarti cekatan wajib dibarengi dengan kehati-hatian atau lebih prudent dalam menjalankan fungsinya sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Timur. “Saya berharap dengan adanya launching beberapa produk dan layanan baru termasuk JConnect Remittance ini dapat mewujudkan impian Bank Jatim menjadi BPD nomor 1 di Indonesia,” kata Khofifah.

Edi Masrianto selaku Direktur Komersial dan Korporasi Bank Jatim mengatakan, JConnect Remittance merupakan gambaran kolaborasi antara Bank Jatim dengan Merchant Trade Asia dalam melakukan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

“Saya tahu tujuan mayoritas imigran yang bekerja di luar negeri untuk mensejahterakan keluarganya. Untuk itu Bank Jatim membantu para migran Indonesia mengirim uang kepada keluarganya. Karena, mengirimkan uang dari luar negeri tidak semudah kita mengirimkan uang sesama di dalam negeri, terkadang harus menunggu lama. Tapi dengan adanya JConnect Remitance bisa menjadi real-time,” jelas Edi.

Edi juga membeberkan, saat ini Bank Jatim baru bisa mencakup wilayah Malaysia. Namun kedepannya akan melakukan peluasan di negara-negara Asia lain seperti Singapura, Korea, Hongkong, dan Taiwan.

Edi berharap para migran Indonesia khususnya yang berasal dari Jawa Timur dapat lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman dalam melakukan transaksi pengiriman uang kepada keluarganya di Indonesia. “Para migran Indonesia juga akan berkesempatan mengikuti undian tabungan yang akan diundi setiap tahunnya,” tambahnya.

Managing Director Merchantrade Asia Ramasamy K. Veeran yang merupakan rekanan Bank Jatim yang di Malaysia menjelaskan, Bank Jatim merupakan Bank Daerah pertama yang bekerjasama dengan Merchantrade Asia. “Selama ini kami sudah bekerjasama dengan 4 bank di Indonesia, dan Bank Jatim merupakan bank daerah pertama yang bekerjasama dengan kami,” kata Rama.

“Manfaat bekerjasama dengan kami adalah infrastruktur kami cukup besar karena kami memiliki cabang hampir di seluruh Malaysia, sehingga para migran Indonesia dapat dengan mudah menemukan Merchantrade Asia,” jelas Rama.

Rangkaian kegiatan HUT Bank Jatim ini juga dimeriahkan oleh sejumlah artis nasional. Diawali dengan performance stand up comedy Cak Lontong yang menampilkan lawakan-lawakan konyol dan lucu, dilanjut dengan performance Novia Bachmid, salah satu kontestan ajang pencari bakat menyanyi terpopuler di Indonesia, dan ditutup dengan performance dari Happy Asmara yang merupakan artis nasional asal Jawa Timur. (Gan)

Ki-ka: Agus Susanto Pratomo (Kadiv SPPURMI KPw BI Jatim), Anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur Khofifah, Komut Bank Jatim Suprajarto, Dirut Bank Jatim Busrul Iman, dan Managing Director Merchantrade Asia SDN BHD Ramasamy K.Veeran di acara jalan sehat HUT Bank Jatim ke-61.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait