Layanan Data Dorong Capaian Kinerja XL Axiata

  • Whatsapp
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

JAKARTA – Kinerja PT XL Axiata Tbk sepanjang 2017 cukup positif. Tercatat, pendapatan meningkat 7% dibandingkan tahun lalu. Layanan data jadi kontributor pendapatan utama.

XL mengklaim racikan strategi yang tepat jadi kunci keberhasilan sepanjang 2017. Dimana operator telekomunikasi tersebut telah melancarkan strategi “Dual Brand”.

Di samping itu, terus berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, serta pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan trafik dari wilayah luar Jawa.

“Pencapaian sepanjang 2017 ini menunjukkan transformasi bisnis yang kami lakukan sejak 2015 sudah tepat, dan berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan,” kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, Jumat (2/2/2018).

Salah satu indikatornya, sambung Dian, padalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan, yang saat ini mencapai 69%, dari tahun sebelumnya sebesar 48%.

Hingga akhir tahun 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp 22,9 triliun, meningkat sebesar 7% YoY, terdorong dari meningkatnya pendapatan layanan (Service Revenue) perusahaan sebesar 10%.

Dari sisi jumlah pelanggan, XL Axiata mencapai 53,5 juta pelanggan, naik 15% YoY, dengan komposisi pelanggan prabayar sebanyak 52,8 juta naik 15% YoY, dan pascabayar lebih dari 700 ribu, naik 32% YoY.

Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) dalam periode satu tahun hingga akhir 2017, EBITDA mengalami peningkatan sebesar 3% YoY menjadi Rp. 8,3 triliun karena adanya pertumbuhan pendapatan.

Melanjutkan keberhasilan berbagai inisitif pengelolaan neraca keuangan di tahun 2016, necara keuangan XL Axiata saat ini juga tetap kuat dengan tingkat rasio hutang terhadap EBITDA dalam posisi yang aman, yaitu 1.5 x.

Dengan demikian, XL Axiata memiliki landasan yang kuat untuk terus melakukan pengembangan bisnis dan menjadi penyedia layanan data terdepan di Indonesia. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *