Lebaran Naik KA Kini Banyak TD dan Railfans

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan di masa angkutan Lebaran 1443 H, yang telah ditetapkan sejak 22 April 2022 hingga 13 Mei 2022 mendatang. Selain itu, juga melibatkan bantuan personil dari TNI maupun POLRI.

Salah satu yang menarik perhatian di masa angkutan Lebaran ini, keberadaan anak-anak setingkat sekolah maupun mahasiswa yang membantu pelanggan, khususnya pelanggan lansia dan berkebutuhan khusus, termasuk peran mereka dalam memberikan informasi pada pelanggan.

“Untuk mendukung kesuksesan saat Posko Angkutan Lebaran 2022 ini kami melibatkan tiga komunitas railfans, yakni Sahabat Kereta, Sipuong, dan Malangraya +444,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Kamis (29/4/2022).

“Sekitar 75 anggota dari komunitas railfans siap membantu pelayanan posko angkutan lebaran di 5 stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Sidoarjo,” terangnya.

Kegiatan yang mereka lakukan antara lain pengawasan protokol kesehatan, membantu memberikan informasi seputar jadwal KA, aturan perjalanan dengan KA, hingga posisi kereta yang tertera di tiket.

“Kami salut dengan kegigihan mereka yang ikut mendukung KAI dalam mensukseskan angkutan lebaran 2022. Dengan keikhlasan, sukarela, beramal membantu kelancaran mudik pelanggan KA,” tambahnya.

Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan di PT KAI tidak hanya even angkutan lebaran saja. Namun juga pada posko Nataru, acara sosialisasi keselamatan di perlintasan serta kegiatan lainnya.

Salah satu anggota komunitas yang menjalani posko, Yan Ari, menyampaikan alasan mengikuti kegiatan ini didasari kecintaannya pada kereta api. “Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat,” ujarnya.

Selain komunitas, keterlibatan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian sangat diperlukan untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

Selain itu, Luqman juga menyampaikan bahwa selama masa posko Angkutan Lebaran 2022, KAI Daop 8 Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 73.876 pelanggan, dan sekitar 73.023 pelanggan tiba di Daop 8 Surabaya.

“Hingga 28 April 2022 keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng sekitar 19.885 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi sekitar 15.952 pelanggan, dan dari Stasiun Malang tercatat sekitar 10.329 pelanggan,” jelasnya.

Selama masa angkutan lebaran 2022, ketersediaan tempat duduk (TD) di Daop 8 Surabaya telah terjual sekitar 328.526 TD KA jarak jauh, atau sekitar 62% dari yang disediakan sebanyak 526.978. Dengan jumlah itu KAI Daop 8 Surabaya masih menyediakan sekitar 198.452 tempat duduk yang dapat dipesan pelanggan hingga hari ini.

Sementara itu, keberangkatan dari Stasiun Nalang tercatat sekitar 60.269 pelanggan, atau 70%. Dan saat ini masih terdapat 25.397 tempat duduk yang dapat dipesan oleh pelanggan KA keberangkatan dari wilayah Malang. gan

Teks Foto: Salah seorang railfans berusaha membantu pelanggan KA

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait