Lengkapi Rangkaian Hari Jadi Sampang, Bupati Gelar Ziarah Kubur

  • Whatsapp

Sampang, BeritaLima.com – Dalam memperingati hari jadi Kabupaten Sampang ke-397, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati sampang H. Abdullah Hidayat menggelar ziarah ke makam Rato Ebu yang bertempat di Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Madura. Rabu (23/12/2020).

Tak hanya Bupati dan Wakil Bupati Sampang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta tokoh masyarakat juga ikut mendampingi berziarah sambil memanjatkn doa bersama dengan khususk dan khidmad.

Ditemui usai tabur bunga Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi mengatakan, berdirinya Kabupaten Sampang tidak lepas dari Momen historis penobatan raden Praseno sebagai Pangeran Cakraningrat I, oleh Sultan Agung Mataram pada 23 desember 1624 Masehi atau 12 Rabiul Awal 1045 Hijriah, yang pada waktu itu bertepatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Sebagai wujud rasa syukur, terhadap jasa leluhur, hari ini kita berkumpul dengan tujuan utama memanjatkan doa bersama, dengan harapan arwah leluhur kita di maafkan, serta amal baiknya mendapat pahala yang setimpal, dan di tempatkan di surganya,” Ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Sampang yang akrab di Sapa H. Idi menyampaikan, sebagai generasi penerus, harus mengingat dan merevitalisasi momen historis tersebut, sebagai fondasi semangat untuk membangun kembali kejayaan Sampang.

“Tidak Banyak yang ingin saya sampaikan, kecuali ajakan mencintai dan merawat Sampang yang kita banggakan. Sampang, dari warisan leluhur yang telah lama gugur, dan ini tugas kita untuk meneruskan cita-cita dan visi misi mereka untuk memajukan dan mensejahterakan Masyarakat, serta menjaga jati diri kita sebagai wujud kebanggan jadi warga Sampang yang kita Cintai” Lanjutnya.

Kembali H. Idi Menambahkan, Pangeran Cakraningrat, Rato Ebhu, Pangeran Santo Merto, Pangeran Trunojoyo, hingga RP. Mohammad Noer adalah tokoh Legendaris yang pantas diteladani perjuangannya.Dan mari jadikan jejak langkah mereka sebagai inspirasi membangun Kabupaten Sampang dan mewujudkan Masyarakat Sampang Hebat Bermartabat.

“Saya berterima Kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi hingga seluruh rangkaian acara rangkaian hari jadi Kabupaten Sampang selesai dengan lancar, terlaksana dengan sangat baik. Khususnya Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) yang memfasilitasi acara rangkaian hari sakral ini, “hari Jadi Kabupaten Sampang Ke-397 tahun 2020,” Tandasnya. (FA/Dd).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait