beritalima.com

Lewat Kopi BI Jatim Tingkatkan Kesejahteraan Warga Wonosalam

  • Whatsapp
Deputi Kepala BI KPw Jatim, Harmanta, saat ikut menanam bibit kopi di Wonosalam, menandai penyerahan bantuan ribuan bibit kopi, Sabtu (28/11/2020).

JOMBANG, beritalima.com | Interes atas potensi kopi di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan KPw Jawa Timur menyerahkan bantuan ribuan bibit kopi kepada petani kopi binaan di desa setempat, Sabtu (28/11/2020). Rinciannya, 14.500 bibit kopi jenis Arabika, 2.500 bibit kopi jenis Liberika, dan 3.500 bibit kopi jenis Enteres Robusta.

Bantuan bibit kopi ini diserahkan Deputi Kepala BI KPw Jatim, Harmanta, disaksikan sejumlah Asosiasi Petani Kopi Wonosalam. Di sela acara penyerahan bantuan itu, Harmanta menuturkan, potensi kopi dari Wonosalam ini sangat luar biasa, di samping memiliki varitas yang sangat unik sekali.

”Di tempat lain kopi jenis Leberika kurang bisa berkembang, tetapi disini bisa berkembang bagus dan mempunyai rasa khas serta nilai jual yang baik,” ujarnya serius.

“Untuk itu kami dari Bank Indonesia membantu prosesnya mulai dari hulu sampai hilir, mulai dari tanamannya serta memberikan pembinaan untuk varitas yang bagus dan unggul kepada para petani kopi yang berada di Carangwulung, Wonosalam, Jombang, ini,” lanjutnya.

Sebelum memberikan bantuan bibit kopi ini, lanjutnya, BI KPw Jatim telah memberikan bantuan pembinaan sekaligus peralatan, mulai dari panen, pengupasan kulit kopi sampai sangrai, dan packagingnya.

beritalima.com

“Harapan kami petani di sini bisa menciptakan value added tinggi untuk kopi Wonosalam, khususnya jenis Exselsa,” tambahnya.

Selain itu BI KPw Jatim juga mendorong agar produsen kopi bisa memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung pemasarannya. “Kami pinginnya petani dan produsen kopi di Wonosalam bisa naik kelas,” pungkas Harmanta.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait