Libur Panjang, Trafik Data Di Jatim Meningkat Signifikan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Trafik data di Jawa Timur selama libur akhir tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, mencapai 28 persen dibandingkan trafik di hari normal.

Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 44 persen.

Layanan data game online menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti web browsing dan instant messaging.

Group Head XL Region Area, Bambang Parikesit, mengatakan, area Jatim semakin mudah dijangkau dari mana saja berkat keberadaan jalan tol Trans Jawa.

Karena itu, tidak mengherankan jika masa liburan panjang seperti kemarin banyak masyarakat luar yang masuk Jatim untuk berlibur, berwisata, maupun pulang kampung.

Beberapa area yang menjadi tujuan favorit mengalami kenaikan trafik data cukup tinggi adalah Banyuwangi meningkat 24 persen, Malang dan Batu naik 26 persen.

Khusus di area Jatim Park 2 meningkat sebesar 115 persen, Surabaya naik 2 persen, dan Madura naik 5 persen.

XL Axiata, kata dia, secara khusus telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk area-area yang menjadi lokasi keramaian.

Baik tempat wisata maupun pusat perbelanjaan, Bandara Juanda dan Stasiun Kereta di Surabaya, Bandara Blimbingsari dan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Ketapang di Banyuwangi, Jembatan Suramadu, serta tidak ketinggalan sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Kenaikan trafik juta terjadi di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Khusus Bali, menurut dia, menjadi tujuan wisata sangat popular. Kenaikan trafik data mencapai 20 persen dibanding hari biasa.

Wilayah NTB naik 18 persen dan NTT naik 26 persen. Lombok di NTB dan beberapa area di Flores dan Sumba (NTT) kini juga semakin menjadi tujuan favorit liburan baik oleh wisatawan lokal maupun internasional.

Yang paling utama, kata dia, XL Axiata mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti.

Yemua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia. (Ganefo)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *