Lilik Hendarwati Fokus Bina UMKM Baru

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Anggota DPRD provinsi Jatim berhijab yang cantik dan selalu tampil penuh energik ini, mengungkapkan bahwa pihaknya konsisten pada isu UMKM, yaitu melahirkan UMKM baru, membantu UMKM untuk naik kelas, kemudian fokus juga di sektor pendidikan dan kesehatan.

Bendahara DPW PKS Jatim ini sudah membina UMKM sebanyak 4.500 UMKM. Sebagian besar sudah menjadi UMKM yang mandiri, bahkan sudah melakukan kegiatan ekspor ke beberapa negara.

“Awalnya saya memikirkan bagaimana sebuah keluarga bisa memiliki kehidupan yang harmonis dan sejahtera. Untuk menjadi keluarga yang sempurna seperti itu, harus ditunjang oleh perekonomian yang mapan, agar anak-anaknya juga mendapatkan penghidupan yang layak seperti keluarga yang lain,” terang H Lilik Hendarwati.

Anggota komisi C DPRD provinsi Jatim ini menuturkan, setelah terjun ke lapangan, Lilik bisa menyimpulkan bahwa perempuan merupakan power yang mengendalikan perekonomian keluarga. Bukan hanya sebagai ibu rumah tangga yang sibuk mengerjakan rutinitas sehari-hari, tapi perempuan juga mampu membantu para suami untuk mendapatkan penghasilan.

“Untuk itu, bersama tim kita mulai mendata ibu-ibu yang berminat untuk bergabung membuka usaha. Ternyata banyak sekali, dan kita mapping untuk jenis usaha yang diminati oleh ibu-ibu ini. Setelah itu, kita ajak beliau-beliau ini mengikuti pelatihan sesuai minat mereka. Selain pelatihan, kita juga ajarkan memahami management keuangan dan IT,” paparnya.

Karena anggota binaan UMKM semakin banyak, bahkan mereka datang dari berbagai latar belakang.

“Ada Ojol, ada guru-guru honorer, ada ibu-ibu nelayan, ada tukang parkir, wes pokok’e lengkap kap,” tandasnya.

Dibentuklah komunitas Laksita Semesta yang terdiri dari para UMKM bersama para relawan untuk menciptakan usaha bersama.

“Alhamdulillah, hingga saat ini Laksita Semesta sudah memiliki anggota lebih dari 5.500 anggota. Kita juga membuka jejaring untuk pemasaran produk, untuk target market ke tempat-tempat dimana produk kita diminati oleh mereka. Kita juga mensuplay ke hotel dan rumah makan. Kita juga membuka gerai untuk mendisplay produk kita di tempat oleh-oleh khas Surabaya. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Semoga berkah,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait