LIRA JATIM ke BAWASLU RI, Pertajam Wewenang Lembaga Independen Pemantau Pemilu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | pesta demokrasi dalam bentuk Pilpres dan Pilleg tahun 2019 telah usai dan menimbulkan banyak prestasi dan catatan kekurangan untuk dievaluasi. Salah satu catatan penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi pada tanggal 20 april 2019 adalah soal pengawasan terhadap pelaksanaan pilpres dan pileg itu sendiri sesuai UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Ditemui dikantornya, Bambang Assraf HS sebagai Sekretaris Wilayah DPW Lumbung Informasi Rakyat/LIRA jatim. Memaparkan bahwa pengawasan dan pemantauan pelaksanaan pemilu bertujuan untuk memastikan terlaksananya pemilu yang LUBER, JURDIL, sesuai perundang-undangan, berintegritas dan kredibel. Terkait hasil pantauan dan hasil evaluasi pelaksanaan pemilu serentak, LIRA memberikan dua rekomendasi penting kepada komisioner Bawaslu RI diantaranya. Pertama, pertajam wewenang lembaga pemantau pemilu independen dalam memperoleh akses informasi dan data akurat terkait pelaksanaan serta proses perhitungan hasil pemilu. Kedua, perlu adanya pengganggaran yang jelas oleh Bawaslu RI untuk menunjang kinerja tim pemantau pemilu. Saat kami tanya terkait maraknya kecurangan pemilu yang terjadi dilapangan? LIRA sebagai salah satu lembaga pemantau pemilu independen sudah melaporkan menindaklanjuti serta membuat laporan tertulis berdasarkan hasil pantauan dan bukti-bukti pungkas Assraf.

Terpisah, M.Afifudin komisioner Bawaslu RI menyampaikan apresiasi kepada kawan-kawan lembaga pemantau pemilu independen atas partisipasi dan kerja kerasnya dalam mengawal proses pemilu serentak tahun 2019. Untuk kedepannya akan kita optimalkan sosialisasi dan komunikasi kepada lembaga pemantau pemilu independen diselah-selah sambutan penutup acara dijakarta.

Sebelumnya atas undangan BAWASLU RI, LIRA jatim turut menghadiri acara Forum Group Diskusi dan Evaluasi kinerja hasil pemantauan pemilu serentak tahun 2019 tahap ke-3 pada tanggal 15-17 Juli 2019 di Hotel Luminor Jakarta Pusat. Pada acara tersebut juga dihadiri sekitar 45 lembaga pemantau pemilu independen dari berbagai daerah se indonesia. RR.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *