Livestock Expo 2017 di Solsel, Ajang Promosi & Kontes Ternak Unggulan se- Sumbar

  • Whatsapp

PADANG, beritalima.com — Dinas Peternakan Sumatra Barat (Disnak Sumbar) menyatakan bahwa iven tahunan Livestock Expo 2017 merupakan ajang promosi dan kontes ternak unggulan. Helatan kali ini sedianya diselenggarakan di halaman kantor bupati Solok Selatan, mulai Senin (18/9/2017) hingga Rabu (20/9/2017).

Kepala Disnak Sumbar, Drh. Erinaldi, MM, menjelaskan, kegiatan tahunan tersebut merupakan ajang promosi dan kontes ternak. Sangat menarik dan sayang jika dilewatkan. Sebab kegiatan akan memamerkan ternak unggulan kabupaten/kota se-Sumbar.

“Selain itu, iven ini akan membuka peluang bagi pelaku usaha peternakan dan agroindustri untuk membangun kemitraan usaha. Dikarenakan, secara langsung akan melihat perkembangan teknologi industri dan berbagai isu terbaru,” papar Erinaldi.

Ia mengatakan, dengan mengusung tema, ‘Tingkatkan produksi dan produktifitas serta daya saing produk unggulan peternakan Sumatra Barat’ diharapkan melaui iven ini terjaring bibit ternak unggul, meningkatnya investasi agribisnis peternakan dan meningkatnya pengetahuan peternak serta pelaku usaha dibidang teknologi informasi. Selanjutnya, dapat meningkatkan kualitas produk pengolahan hasil peternakan yang berdaya saing. “Nanti juga akan terpilih kelompok tani dan petugas peternakan terbaik yang berprestasi,” urainya.

Iven tahunan itu, imbuh Erinaldi, merupakan hasil kerjasama dengan Pemkab Solsel dan pihak sponsor Bank Nagari, BRI, Japfa, Jasindo dan lainnya. “Insya Allah, acara juga akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar, bapak Irwan Prayitno,” ungkapnya.

Adapun bentuk kegiatan diantaranya, pameran agribisnis peternakan, kontes ternak, lomba asah terampil cerdas cermat tingkat SD, lomba vokal grup, futsal, bedah buku dan seminar, Siwab award, bazar komoditas peternakan dan Japfa for kids. Sedangkan untuk pesertanya, lembaga pendidikan/universitas, umum/asosiasi, BUMN/BUMD, Perusahaan bidang peternakan, Pelaku usaha kerajinan dan kuliner dan Instansi pemerintah terkait se-Sumbar.

Kepala Dinas Pertanian Solsel, Tri Handoyo Gunardi menyebutkan, dalam rangka persiapan itu pihaknya tengah melakukan teknikal meeting dengan seluruh pihak terkait di Disnak Sumbar dari kabupaten/kota yang ada.

“Beragam ternak dan kegiatan akan dipamerkan, tidak hanya sapi. Saat ini, kita sedang pertemuan membahas agenda livestock expo di Padang. Insya Allah, kita juga akan adakan rapat persiapan di Solsel dengan seluruh OPD terkait pada Kamis (14/9/2017-red) nanti. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan persiapan sebagai tuan rumah, agar bisa memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

(ede)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *