Lomba Cipta Seni Musik Tradisi Pelajar Se Jawa Timur

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Pelatihan dan Pengembangan Kesenian telah mengadakan acara lomba seni tari seni music pelajar se Jatim tahun 2019 yang diikuti 38 Kabupaten/Kota, Pekan Cipta Seni Pelajar ini di gelar pada jumat (5/4/2019) di gedung Cak Durasim kompleks taman budaya Jawa Timur (TBJ).
Efie Widjayanti S.Sos. M.Mpd Kepala Unit Pelaksana Teknis (LPT) Laboratorium Pelatihan dan Pengembangan Kesenian mengatakan,” Kami telah melakukan kegiatan ini 2 tahun sekali dengan tujuan melihat atau memantau sejauhmana Kabupaten/Kota mengali potensi generasi muda dalam upaya pelesstarian seni budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Lebih dari itu, lanjutnya acara ini menjadikan ajang bagi pelajar setiap daerah untuk menampilkan kreatifitas dan kemampuannya khususnya seni tradisi Jawa, dengan demikian generasi muda bisa mencintai seni budaya khususnya seni budaya,tradsi
Kami berharap agar mereka bisa melanjutkan ke jejang lebih tinggi lagi sampai ketingkat Nasional.

Dalam kaitan ini, lanjutnya yang terpenting adalah bagaimana setelah kegiatan ini generasi muda dapat mengambil pengalaman yang berharga ini sebagai bagian dari berkehidupan sosial, bagian dari budaya kearifan lokal tanpa terpengaruh oleh budaya tradisi luar yang akhir-akhir ini telah melanda/ mempengaruhi kehidupan mereka.”tuturnya.

Ditambahkannya Dengan demikian mereka kami harapkan bisa lebih berbudaya santun, saling menghargai, tepo sliro dan mempunyai kepekaan social terhadap sesama mahluk ciptaan Tuhan,”tutup Efie.

Sementara ratusan pelajar dan Pembina para guru dari berbagai daerah, telah hadir untuk menampilkan karya cipta mereka sesuai dengan daerahnya masing-masing,

Tercatat sekurangnya 7 bidang yang dilombakan diantaranya, seni tari, seni musik, tradisi, teater, paduan suara, seni lukis, poster, dan patung serta seni kasidah. Tahun ini lomba juga dibagi menjadi dua kategori besar yaitu untuk pelajar usia 7 hingga 12 tahun dan kategori untuk pelajar usia 13 hingga 17 tahun (utg)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *