Lonjakan Masyarakat Libur Nataru Naik Hingga 144 Persen

  • Whatsapp
Menparekraf Sandiaga Uno saat jumpa pers dalam acara "The Weekly Brief with Sandi Uno", di Jakarta (11/12)

Jakarta, beritalima.com | Ditengah merebaknya pandemi Covid yang mulai kembali menebar ancaman bagi masyarakat, dipastikan angka lonjakan pengunjung pariwisata di Indonesia bakal naik 144 persen pada saat liburan natal dan tahun baru (Nataru). Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Angka pergerakan masyarakat yang akan merayakan libur natal dan tahun Baru (nataru) ikut mengalami lonjakan hingga 144 persen dibanding tahun lalu,” ungkap Sandiaga Uno saat jumpa pers dalam acara “The Weekly Brief with Sandi Uno”, di Jakarta (11/12),

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Sandiaga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan berlibur sekaligus wisata agar memperhatikan dan menerapkan prosedur CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

“Diperkirakan okupansi hotel bakal mencapai 80-90 persen selama libur Nataru. Momen tersebut tentunya kita harus manfaatkan dengan baik,” ujar Sandiaga.

Menparekraf mengimbau masyarakat bisa memilih destinasi liburan dalam negeri serta memilih destinasi yang telah dilengkapi dengan alat keselamatan yang sesuai dengan pedoman pariwisata.

Selain itu, mengecek prakiraan cuaca dari BMKG secara berkala juga perlu dilakukan mengingat libur Nataru diperkirakan akan berlangsung di tengah musim penghujan.

“Perhatikan juga kondisi fisik saat berlibur, jangan terlalu lelah atau kurang tidur,” pesan Sandiaga.

Dikatakan Menparekraf Sandiaga, bahwa Kemenparekraf juga telah menerbitkan Surat Edaran. Utamanya perihal kesiapan industri dan destinasi dalam mendukung keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

Upaya kolaboratif juga telah dilakukan seperti pembentukkan dan kesiapan media center Kemenparekraf untuk pemantauan aktivitas wisata serta penyebaran informasi yang bermanfaat saat libur nataru. Ini dapat diunduh di laman website resmi https://www.kemenparekraf.go.id/.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait