beritalima.com

Madiun Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara Kategori Kabupaten Sehat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kabupaten Madiun, Jawa Timur, meraih penghargaan Swasti Saba Wistara kategori Kabupaten Sehat dari Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Penghargaan ini diserahkan kepada Wakil Bupati, H. Hari Wuryanto, mewakili Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, di kantor Kementrian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, mengatakan, keberhasilan ini karena Pemkab Madiun mengimplementasikan instruksi Mendagri dan Menkes kepada kabupaten/kota untuk selalu meningkatkan kepedulian tentang kesehatan terhadap masyarakat. Karena di Indonesia, stuntingnya masih tinggi. Yakni sekitar 27 persen.

“Kabupaten Madiun sukses meningkatkan kesehatan dalam menanggulangi stunting,” kata H. Hari Wuryanto.

Kabupaten Madiun, lanjutnya, sudah malakukan berbagai terobosan dan beberapa event dalam meningkatkan kesehatan.

“Khusus di Kabupaten Madiun, memang tingkat ODF (Open Defecation Free/kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan-red) memang belum 100 persen. Insyallah tahun 2020 dapat terselaikan,” tuturnya.

Untuk itu, Bupati selalu menganjurkan seluruh tolilet di sekolah harus bersih dan di sekolah setiap Jumat harus mengadakan Jum’at bersih.

“Ini dimaksudkan, untuk menjaga kebersihan, dapat dimulai dari usia dini. Sehingga masyarakat, juga terdorong untuk meningkatkan kebersihan di lingkungannya,” tandasnya.

Selain Kabupaten Madiun, penghargaan juga diberikan kepada enam provinsi dan 176 kota/kabupaten serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat. (Dibyo).

H. Hari Wuryanto (tengah).

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *