Mahasiswa FST Unair Raih Juara 3 dalam Satria Data 2023

  • Whatsapp

MALANG, Beritalima.com|
Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST Unair) kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, prestasi datang dari Alfredi Yoani, I Kadek Pasek Kusuma Adi Putra, dan Steven Soewignjo yang berhasil meraih juara 3 dalam Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) bidang Statistic Essay Competition Nasional pada (24/8/2023).

Kompetisi tersebut merupakan inisiasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam mewadahi mahasiswa yang memiliki potensi dan kemampuan mengolah data pada era digital. Tahun ini, Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Dukungan Penuh dari Kampus
Dalam kompetisi tersebut, Universitas Airlangga (Unair) telah mempersiapkan kebutuhan dari peserta tim secara matang. Salah satunya, dengan pemberian fasilitas camp untuk melatih potensi dan memberikan dorongan untuk memberikan performa terbaik selama kompetisi.

Dr M Fariz Fadillah Mardianto SSi MSi, selaku dosen pembimbing mengaku bahwa ia bekerja sama dengan direktorat kemahasiswaan (dirmawa) untuk memberikan support penuh untuk mahasiswa Unair selama kompetisi berlangsung.

“Karena hal ini juga dalam bentuk upaya memberikan sumbangsih prestasi kepada kampus,” tambahnya.

Kemistri Baik Menjadi Kunci
Fariz Fadhillah mengatakan bahwa meski universitas telah memberikan persiapan secara matang, tim Unair mengalami kendala yakni kesibukan dari peserta kompetisi. Mengingat bahwa, sebagian besar peserta merupakan mahasiswa akhir.

Ia menambahkan, hal tersebut dapat teratasi karena masing-masing anggota melakukan belajar dan berlatih secara individu. Baginya, hal tersebut terbangun karena adanya kemistri dari masing-masing anggota. Adanya rasa tanggungjawab dan nasib seperjuangan.

“Saya benar takjub saat malam akhir pada camp, mereka memberikan performa terbaik meskipun masih dalam latihan. Saya turut berbangga hati kepada mahasiswa yang berusaha memberikan yang terbaik ditengah keterbatasan,” tutur dosen pendamping tersebut.

Menjaga Konsistensi
Fariz Fadhillah menjelaskan, untuk berada dalam posisi ini bukanlah hal yang mudah. Segala dukungan telah ia beri untuk memberikan performa terbaik untuk Unair dengan harapan hal yang telah tercapai dapat dipertahankan pada periode berikutnya.

“Saya sangat berharap bahwa Unair dapat mempertahankan prestasinya dalam sains data dan para mahasiswa untuk tak henti untuk mencari pengalaman dengan mengikuti perlombaan tingkat nasional” pungkasnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait