Mahasiswa Unipa Surabaya Bangun Perekonomian di Tempat KKN

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Sebulan lebih Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, para mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya berusaha meningkatkan perekonomian penduduk desa setempat dengan berbagai kreatifitas.

Beragam kegiatan dilakukan oleh 31 mahasiswa KKN dengan Dosen Pembimbing Widiar Onny Kurniawan S.E, M.Ak ini. Di antaranya, pada Sabtu (24/12/2022) lalu mereka memberikan pelatihan pengolahan ikan patin menjadi nugget dan dimsum.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 28 kader PKK Desa Tambakrejo. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan, terlebih setelah anggota tim KKN lainnya turut hadir memotivasi semua peserta pelatihan sampai bisa mempraktekkan cara membuat nugget dan dimsum.

“Pelatihan ini kami adakan untuk menumbuhkan kreatifitas dan produksi makanan pada ibu-ibu PKK desa setempat. Selain sehat dan bergizi, pengolahan ikan patin ini kami harapkan dapat menjadi modal untuk berjualan guna meningkatkan perekonomian warga setempat,” ujar Ketua Kelompok KKN Unipa Surabaya, Ferry Dwi Fernanda.

Menurutnya, mengenalkan hal baru seperti pengolahan ikan patin ini cukup penting guna menumbuhkan perekenomian di Desa Tambakrejo. Setidaknya ibu-ibu bisa memberikan variasi makanan kepada keluarga, dan memiliki kreativitas membuat makanan.

Tidak hanya itu, upaya meningkatkan perekonomian warga Desa Tambakrejo juga telah dilakukan Tim Mahasiswa KKN ini dengan kreatifitas lainnya, yakni fashion show. Kegiatan ini juga digelar di Balai Desa Tambakrejo, Minggu (25/12/2022), sekaligus untuk memperingati hari ibu.

Fashion show yang diikuti puluhan ibu-ibu PKK ini mempersyaratkan wajib pakai batik bagi yang hadir guna menambah rasa cinta terhadap tanah air.

“Kreativitas tanpa batas harus dijunjung di era saat ini,” kata Ferry. “Selain kreasi membuat makanan dari ikan patin, kami juga membantu membangun kreatifitas melalui fashion show ini. Siapa tahu nanti ibu-ibu setempat ada yang terinspirasi untuk menjadi designer, khususnya batik Indonesia,” lanjut Ferry.

Ferry menambahkan, KKN Mahasiswa Unipa Surabaya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, ini berlangsung sejak 12 Desember 2022 lalu, dan akan berakhir pada 14 Januari 2023 mendatang. “Semoga apa yang kami lakukan di desa ini bermanfaat bagi penduduk desa setempat,” ucap Ferry. (ANFR/Gan)

Teks Foto: Mahasiswa Unipa Surabaya bersama kader PKK di desa tempat mereka KKN, Desa Tambakrejo, Sidoarjo.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait