Mahyeldi: Melalui ‘Gerkasih’ Padang Akan Semakin Bersih

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima.com – Kembali suksesnya Kota Padang meraih Piala Adipura di tahun 2017 ini, setidaknya menggambarkan keberhasilan dan kekompakan dari seluruh unsur masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan bagi kota ini.

“Alhamdulillah berkat itu semua, setelah delapan tahun menunggu penghargaan bergengsi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan ini kembali dalam genggaman Kota Padang,” ungkap Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Taman Perumahan Puri Lestari Kelurahan Parak Laweh Pulau Aie Nan XX, Minggu (10/9/2017) sewaktu melaunching Gerakan Kecamatan Bersih (Gerkasih) antar 11 kecamatan se-Kota Padang yang diawali di Kecamatan Lubuak Bagaluang.

Terkait Gerkasih Mahyeldi menjelaskan, yaitu merupakan langkah lanjut bagi Pemerintah Kota Padang untuk lebih meningkatkan partisipasi dan membulatkan tekad masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Melalui gerakan ini kita harapkan semakin memicu dan memacu seluruh masyarakat agar senantiasa berperan aktif menjaga Padang sebagai kota bersih dan lingkungan yang sehat,” sebutnya sembari mengusulkan reward paket umrah ke tanah suci Makkah minimal 5 orang bagi kecamatan pemenang.

Seperti diketahui, Gerkasih ini akan dinilai pelaksanaannya di setiap kecamatan serta diberikan reward bagi kecamatan yang pelaksanaan Gerkasihnya paling baik dan berlanjut dalam menjaga K3. Sebagai sasaran kegiatannya yaitu melibatkan seluruh unsur masyarakat mulai tingkat RT,RW, Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS), organisasi masyarakat (Ormas), pihak sekolah, LSM, instansi pemerintah/swasta dan lainnya.

Dalam launching kali ini juga diselingi serah terima duplikat Piala Adipura dari Walikota Padang sebagai bentuk puncak upaya peningkatan K3 yang telah dilakukan tiap kecamatan sejauh ini. Setelah itu dilanjutkan aksi gotong-royong massal di 15 kelurahan se-Kecamatan Lubuak Bagaluang, Kampanye K3 dan ‘Go Green’ oleh Duta Lingkungan Hidup Kota Padang, Serah Terima Dana Operasional RT/RW, TP-PKK Kelurahan/Kader Posyandu dan Paud se-Kecamatan Lubuak Bagalung.

Hadir dalam kesempatan itu Sekdako Asnel beserta para Pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, Camat Lubuak Bagaluang Rosail Akhyari, Sekcam Molina Roza, Lurah, ASN, Pengurus RT/RW, tokoh masyarakat, Pihak Sekolah, Pihak Sponsor dan tokoh pemuda di Nagari Nan XX itu. 

(rel/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *