Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Menuai Pujian Wagub

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa mencanangkan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya sebagai Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pencanangan ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Suharto, dan
Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Minarto, di TP II Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Rabu (23/8/2017) sore.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Abdul Kholik, dan pihak-pihak terkait serta ratusan undangan lainnya.

Selain pencanangan dan penandatangan MoU dengan TP sebagai Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, bersamaan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama kepesertaan dengan Manager Operasional Grab, Juan Andrianto.

Bahkan, di samping sosialisasi, dilakukan pula penyerahan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) atas nama 2 peserta, masing-masing kepada Juli Hariyono dari PT Bayu Beringin sebesar Rp 344.506.362,-, dan Mursidi dari PT Tata Mulya Nusantara Indah sejumlah Rp 127.800.000,-.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Suharto, menjelaskan, pencanangan Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

TP terpilih, lanjut Suharto, karena mall milik PT Pakuwon Jati Tbk ini memang cukup sadar akan pentingnya manfaat perlindungan jaminan sosial, dimana seluruh karyawan TP sekitar 2.000 pekerja telah didaftarkan sebagai peserta 4 program (JKK, JKM, JHT, dan JP) BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa.

Seluruh karyawan TP yang telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan ini mulai dari pimpinan, staf, karyawan tetap sampai yang masih outshorsing. Sementara untuk para pengelola toko beserta karyawan toko di plaza ini, menurut Suharto, masih banyak yang belum terdaftar BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapan kami dengan pencanangan Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini seluruh karyawan semua toko yang ada di plaza ini juga terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Suharto, sembari menambahkan di TP ini ada sekitar 1.200 toko dengan rata-rata 6 pekerja/ toko.

Ditambahkan pula, selain TP I, II, III, IV dan V di satu komplek, PT. Pakuwon Jati Tbk juga menaungi Pakuwon Trade Center dan Supermal Pakuwon Indah di wilayah permukiman Pakuwon Indah, Surabaya Barat, Royal Plaza di Surabaya Selatan, serta East Coast Center, Food Festival dan Pakuwon Town Square di Surabaya Timur.

Pujian Gus Ipul.
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang tak pernah berhenti berusaha melindungi para pekerja di Jatim, dan kepada PT Pakuwon Jati yang telah mendaftarkan seluruh karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Semoga ini bisa menjadi contoh mall-mall yang lain, dan usaha keras BPJS Ketenagakerjaan yang tak mengenal lelah ini pelan-pelan akan bisa melindungi seluruh pekerja,” ucap calon Gubernur Jatim yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Gus Ipul juga melontarkan pujian atas pencanangan Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini. Menurutnya, ini inovasi baru BPJS Ketenagakerjaan, dan revolosi bidang jaminan sosial, yang tujuannya untuk perlindungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami di pemerintahan ingin secepat mungkin bisa melindungi seluruh pekerja. Namun karena pemberi kerja dan pekerja masih banyak yang belum sadar, ya harus sabar dan terus berusaha,” tutur Gus Ipul.

“Yang jelas, saya ingin terus bergandeng tangan dengan BPJS Ketenagakerjaan, demi perlindungan sosial dan kesejahteraan masyarakat pekerja di Jawa Timur,” ujar Gus Ipul. (Ganefo).

Ka-ki: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa, Suharto, Direktur PT Pakuwon Jati, Minarto, Wagub Jatim, Saifullah Yusuf, Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Abdul Kholik, dan Manager Operasional Grab, Juan Andrianto, saat pencanangan Mall Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di TP II Surabaya, Rabu (23/8/2017).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *