Mampu Gairahkan UMKM, LaNyalla Minta Percepat Realisasi KUR

  • Whatsapp

JAKARTA,Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah mempercepat realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena hal ini mampu menggairahkan pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Di saat pandemi, mayoritas omzet pelaku UMKM turun. Dengan adanya realisasi KUR tentunya menjadi angin segar baut UMKM. Mereka bisa berproduksi kembali dan bisa semakin bertahan di masa sulit ini,” kata LaNyalla dalam keterangan pers yang diterima awak media, Jumat (30/4).

Karena itu, Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur tersebut berharap KUR dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku UMKM. Apalagi suku bunga KUR yang rendah tak memberatkan dalam mengembalikan modal. “Ini menjadi potensi baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sektor riil. Apalagi sekitar 60 persen Pendapat Domestik Bruto (PDB) dibentuk UMKM.”

Agar cepat terealisasi, LaNyalla menyarankan Pemerintah berkolaborasi dengan lembaga-lembaga keuangan kecil di daerah. “Jadikan, mereka mitra UMKM dan dorong agar menghidupkan kembali sektor lainnya. Kita berharap skala prioritasnya diberikan kepada pelaku usaha ultra mikro yang pemodalannya sangat kecil. Sektor ini perlu dibantu pembiayaannya.”

Indikator ekonomi makro mulai menunjukkan kebangkitan. Penjualan ritel naik, penjualan mobil signifikan setelah adanya kebijakan relaksasi PPnBM dan ekspor mulai meningkat.

“Pemerintah harus menjaga momentum ini dengan baik sehingga ekonomi Indonesia lebih cepat pulih. Tahun ini, target KUR naik Rp 253 triliun, suku bunga hanya 3 persen. Subsidi bunga KUR juga diperpanjang sampai Desember 2021,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait