MAN 2 Tulungagung Gelar Kegiatan Matsama, Utamakan Ekstra Fair dan Ikrar Komitmen

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka kegiatan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) atau biasa disebut MPLS di Disdikbud, merupakan program pengenalan kepada siswa terhadap lingkungan baru di madrasah.

Seperti halnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh MAN 2 Tulungagung. Melaksanakan Matsama selama tiga hari, mulai 18-20 Juli 2022.

Tetapi penutupan matsama kali ini, sangatlah berbeda dibanding madrasah atau sekolah lainnya. Ketika pelaksanaan penutupan di MAN 2 Tulungagung, penutupan Matsama di MAN Duta (nama keren) dilakukan dengan ekstra fair dan Ikrar komitmen.

Kepala Sekolah MAN 2 Tulungagung Drs.H.M. Dopir, M.Pd.I melalui Waka Kesiswaan Endang Minawati menyampaikan, ekstra fair digunakan untuk unjuk promosi kepada adik kelas X. Rabu, (20/07/2022).

Sebagai ajang promosi untuk memberi contoh adik kelas X, kakak kelas selalu menampilkan performa terbaiknya.

“Misalnya, team ekstra LBB, menggunakan baju kebanggaan dan memperagakan atraksi baris-berbaris dengan totalitas, seperti mengikuti lomba yang sesungguhnya,” ucap Endang.

Ekstra kurikuler di MAN 2 Tulungagung sebanyak 19 macam, masing-masing diberi waktu sekitar 10 menit

“Dalam rangkaian kegiatan Matsama, anak-anak dipersilahkan melihat stand ekstra dan melakukan pilihan ekskul yang akan diikuti pada saat di MAN Duta ini,” tutur Endang.

Endang mengatakan, Hal ini dilakukan MAN 2 Tulungagung, karena ekskul adalah pengembangan diri dan ajang mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak.

Sementara itu, Laili Waka Humas MAN 2 Tulungagung menambahkan, menurutnya, ekskul dapat meningkatkan prestasi siswa.

“Menurut pengalaman tahun lalu, dengan cara demikian anak akan benar-benar serius berada dalam ekskul yang dipilih dan mampu berprestasi tingkat Nasional,” ujar Laili

Selain itu, paparnya, sebagai gambaran pada tahun 2021/2022 prestasi yang ditorehkan anak anak mampu mengoleksi 277 Piala. Dengan rincian, 105 Piala dari kejuaraan Nasional, 71 Piala sumbangan dari tingkat Propinsi dan 101 piala dari tingkat Kabupaten.

Laili juga mengungkapkan bahwa, MAN 2 Tulungagung memang layak menjadi rujukan bagi orang tua untuk menitipkan anaknya belajar menimba ilmu.

“MAN 2 Tulungagung memang sangat memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan diri, bahkan, saat ini diawal tahun baru sudah ada 2 piala tingkat Nasional. Melalui lomba dakwah digital dan lomba news, dan presenter tingkat SLTA dan umum,” ungkap Laili.

Laili menjelaskan, sebelum berita ini diturunkan, ada pengumuman tentang masuknya tujuh judul karya ilmiah siswa MAN 2 Tulungagung di ajang Myres (Madrasah Young Researcher Super Camp) yang diadakan Kemenag Pusat.

“Perolehan piala untuk MAN 2 Tulungagung ini, merupakan yang terbanyak dibandingkan madrasah yang ada di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait