Manfaat Khitan Bagi Kesehatan Lelaki

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Si Budi baru berumur 5 tahun baru disunat pakai sarung dan Si Charlie ikut disunat karena usia 19 tahun
Keduanya melakukan sunat massal dan pesta sunat ramai ramai dengan dihadiri tetangga & haidatolan
Sunat, khitan, atau sirkumsisi adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Frenulum dari penis dapat juga dipotong secara bersamaan dalam prosedur yang dinamakan frenektomi. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum dan caedere.

Sunat merupakan salah satu prosedur operasi pengangkatan kulup atau jaringan yang menutupi kepala penis. Sunat biasanya dilakukan pada hari pertama atau kedua setelah lahir, bisa juga ketika anak menginjak usia sekolah. Namun, ada juga laki-laki yang baru sunat saat sudah dewasa, biasanya mengikuti kesiapan mentalnya.Manfaat sunat bagi kesehatan tidaklah sedikit, antara lain
1. menurunkan risiko terjadinya penyakit menular seksual
2. Mencegah Infeksi saluran kemih.

Anda tidak perlu khawatir bila ingin disunat, karena prosedur ini tidak akan memengaruhi kesuburan atau mengurangi kenikmatan Anda saat berhubungan seksual.Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Tak hanya pada orang dewasa dan anak-anak, sunat atau sirkumsisi juga bisa dilakukan terhadap bayi.Di Indonesia, proses ini umumnya dilakukan saat anak laki-laki memasuki usia sekolah dasar atau sekitar 6–10 tahun. Semakin tua usia anak laki-laki atau pria yang disunat, semakin bertambah juga risiko, tingkat kerumitan, dan lama proses penyembuhannya.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tradisi sunatan yang ada di masyarakat. Sederhananya, sunat digambarkan sebagai pengangkatan kulit kulup penis alias preputium. Biasanya, hal ini dilakukan untuk berbagai alasan. Baik itu tradisi budaya, keyakinan agama, atau pembersihan diri. Walaupun sebenarnya tidak diwajibkan secara medis, mana yang lebih baik untuk kesehatan pria, disunat atau tidak? Simak jawabannya dibawah ini.

MANFAAT SUNAT BAGI LELAKI:
1. Mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis
2. Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis
3. Mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal
4. Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan
5. Membuat kesehatan penis lebih terjaga, karena penis yang disunat lebih mudah dibersihka
6. Penis lebih mudah dibersihkan
7. Mengatasi fimosi ,balantis dan parafimosis
Parafimosis adalah kondisi kulup penis tak bisa kembali ke posisi awal setelah ditarik ke belakang. Kondisi ini menyebabkan kepala penis menjadi bengkak dan terasa nyeri.

PERAWATAN POST SUNAT
1. Gunakan celana yang longgar atau sarung untuk menghindari gesekan dengan penis.
2. Rutin kontrol ke dokter untuk merawat luka dan selalu perhatikan kebersihan alat kelamin untuk menghindari infeksi. Anda boleh mandi setelah diperbolehkan dokter, tetapi hindari mandi dengan cara berendam.
3. Konsumsi obat pereda sakit untuk mengurangi nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Terkadang, dokter juga akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi setelah sunat.
4. Hindari aktivitas atau olahraga berat, misalnya bersepeda, latihan beban, atau joging. Untuk anak yang baru disunat, pastikan ia tidak terlalu banyak bermain atau bergerak terlebih dahulu.
5. Pria dewasa yang melakukan sunat tidak dianjurkan melakukan hubungan seksual selama sekitar 4–6 minggu atau hingga luka sunat sembuh sepenuhnya.

RESIKO SUNAT :
1. Perdarahan, terutama pada pria yang memiliki gangguan pembekuan darah
2. Infeksi
3. Gangguan saluran kemih
4. Kulit kulup mungkin terpotong terlalu pendek atau terlalu panjang
5. Sisa kulup dapat menempel kembali ke ujung penis
6. Perdarahan sulit berhenti
7. Keluar cairan bernanah atau berbau busuk dari ujung penis
8. Proses buang air kecil masih terganggu hingga beberapa minggu setelah disunat
9. Penis masih terlihat bengkak 2 minggu setelah disunat
10. Demam

Melakukan sunat untuk alasan medis atau kesehatan masih menjadi perdebatan para ahli. American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa laki-laki yang disunat sejak lahir mendapatkan lebih banyak manfaat untuk kesehatan daripada risikonya.Penis yang tidak disunat lebih rentan terhadap perkembangan bakteri. Pasalnya, kulit kulup yang tidak diangkat dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menumpuk dan menyebabkan infeksi pada organ reproduksi pria.Bila laki-laki tidak disunat, ini artinya ia harus benar-benar membersihkan penisnya dengan benar – termasuk saat menarik kulit kulup. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang terperangkap di dalam kulit kulup. Sebab jika tidak, ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif di kepala penis.
Demikian sekilas 8nfo, semoga bermanfaat !
RobertoNews 1494 《22.7.22 (09.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait