Manfaatkan Aplikasi ‘Tape Manis’ Polres Bondowoso Ringkus Pelaku Pembunuhan

oleh -4 views

BONDOWOSO, beritalima.com – Aplikasi ‘Tape Manis’ yang dibuat oleh Polres Bondowoso sangat bermanfaat untuk memberantas tindak kejahatan di wilayah kerja Polres Bondowoso.

Tak tanggung-tanggung dengan waktu yang sangat singkat, jajaran Reskrim Polres Bondowoso berhasil meringkus kawanan pelaku kejahatan kekerasan yang disertai pembunuhan dengan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Bondowoso.


Namun hal itu hanya sebuah simulasi saja yang dilakukan oleh jajaran Reskrim Bondowoso saat mengikuti lomba Demo Standar Kemampuan Fungsi Reskrim yang diselenggarakan oleh Ditreskrimum Polda Jatim.

Polres Bondowoso menampilkan simulasi upaya dalam mengungkap kasus pembunuhan disertai pemerkosaan dan pencurian di depan para juri dengan memanfaatkan aplikasi berbasis IT “Tape Manis”.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah, mengatakan, dalam simulasi itu sengaja pihaknya memadukan keterampilan dan kemampuan anggota Sat Reskrim Polres Bondowoso, dengan terobosannya yaitu aplikasi ‘Tape Manis’, yang sudah di download sekitar 10.000 warga Kabupaten Bondowoso.

Hal ini, lantaran dalam aplikasi itu ada salah satu fiturnya bernama panic button. Yang berguna menghubungi petugas dengan cepat, apabila terjadi tindak kejahatan di manapun berada.

“Dan ini sudah berjalan, dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan petugas,” sambungnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan Upaya Paksa.

Adapun peserta nya sendiri terdiri dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran se Jawa Timur.

“Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM unggul demi Indonesia yang maju, khususnya anggota Sat Reskrim dalam hal masalah olah TKP, penangkapan pelaku kejahatan dan pengungkapan kasus menonjol,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Polres Bondowoso telah membuat terobosan aplikasi Tape Manis. Yakni, merupakan teknologi layanan bagi masyarakat. Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa melaporkan secara cepat, saat mengetahui ada tindak kejahatan yang ditemukan, dan terhubung dengan petugas Command Center Polres Bondowoso. (*/Rois)