Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV

  • Whatsapp

ACEH, Beritalima – Kesehatan Kodam Iskandar Muda memberi penyuluhan HIV-AIDS kepada ratusan Personel Kodam Iskandar Muda di Balai Teuku Umar, Makodam IM, Banda Aceh, Kamis (01/12/16).

Penyuluhan HIV-AIDS tersebut mengangkat tema “Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV”.

Penyuluhan tersebut disampaikan oleh Mayor Ckm Dr. Arvianto, Sp.Anastesi. Selain itu menghadirikan narasumber dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Prov Aceh Zulfendi, SKM, S.Si, BMT.

Zulfendi, SKM, dalam materinya mengatakan bahwa ODHA (orang yang terkena HIV-AIDS). ODHA adalah penjina yakni penyakit yang dapat menular dan saat ini tidak ada obatnya.

Ia mengatakan HIV tersebut dapat menular dengan hubungan seksual melalui anus, Vagina/lubang senggama atau mulut dengan pengidap HIV/AIDS yang tidak terlindung (tanpa kondom). Selain itu, melalui transfusi darah yang berasal dari pengidap HIV atau penggunaan jarum suntik secara bergantian (Injecting Drug User/IDU) dan melalui ibu hamil pengidap HIV kepada bayi yang dikandungnya, yang dapat terjadi pada proses melahirkan atau waktu menyusui.

Ada beberapa cara untuk menghindarinya, lanjut Zulfendi, SKM, gunakanlah Kondom saat berhubungan seksual, selain itu gunakan rumus ABCD yakni, Abstinence (jauhi sex), Be faithful (bersikap lah saling setia pada satu pasangan), Condom (gunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual) dan  Drug (jangan sekali-kali memakai narkoba, apalagi dengan cara menyuntik.

Turut hadir penyuluhan tersebut Waka Kesdam IM, Letkol Ckm drg. Susanto, Dinkes Prov Aceh Dr. Iman Nurhman, BMT, KPAP.”(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *