Masifkan Penggunaan Energi Bersih, PLN Ajak Pemkab Sumenep Pakai REC

  • Whatsapp

PAMEKASAN, beritalima.com | Masifkan penggunaan energi bersih untuk mendukung Net Zero Emission pada 2060, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura ajak Pemerintah Kabupaten Sumenep gunakan Renewable Energy Certificate (REC).

Hal tersebut diwujudkan dengan penyerahan 500 unit REC dari Manager PLN UP3 Madura, Fahmi Fahresi kepada Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dalam kegiatan Madura EV Day, Rabu (3/7/2024).

Penyerahan REC ini menjadikan Pemkab Sumenep sebagai pengguna REC terbanyak di kategori pelanggan pemerintah. Hal ini menunjukkan komitmen kuat Pemkab Sumenep dalam transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau yang dimiliki PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang diakui secara internasional. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT atau non fosil.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menyampaikan terima kasih kepada PLN atas dukungannya sehingga Pemkab Sumenep dapat mengambil bagian dalam penggunaan energi bersih.

“Pemerintah Sumenep terus mendukung program pemerintah dalam menggunakan energi ramah lingkungan. Penyerahan REC ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan target emisi nol bersih di Kabupaten Sumenep,” ujar Bupati Fauzi.

Selain penyerahan REC, PLN UP3 Pamekasan juga menggelar kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Bupati Sumenep. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran manajemen PLN UP3 Madura, pejabat Pemkab Sumenep, dan masyarakat setempat.

Penyerahan REC dan penanaman pohon ini merupakan bukti nyata komitmen PLN dan Pemkab Sumenep dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi.

Komitmen PLN untuk menggandeng seluruh stakeholder terlibat dalam penggunaan energi bersih juga ditegaskan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo.

Sosialisasi mengenalkan layanan REC juga dilakukan oleh PLN UP3 Surabaya Utara kepada pelanggan prioritas pada Selasa (2/7/2024) dan PLN UP3 Ponorogo pada acara Grebeg Suro 2024 pada Minggu (30/6/2024). Sebelumnya, Pemkab Trenggalek juga telah melakukan pembelian 400 unit REC dari rencana pembelian 715 Unit.

“Bahwa produk layanan REC ini berasal dari pembangkit hijau dan dapat mendukung produktivitas masyarakat sekaligus mendukung aksi pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. Harapannya semakin banyak masyarakat, pemerintah maupun stakeholder lainnya beralih menggunakan energi hijau ini,” pungkas Agus. (Gan)

Teks Foto: Manager PLN UP3 Madura Fahmi Fahresi serahkan 500 unit REC kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rabu (3/7/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait