Masuk Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Forkopimda Trenggalek Ziarah di TMP

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Ke-78, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Trenggalek gelar ziarah di TMP (Taman Makam Pahlawan) Karangsoko. Agenda tersebut dilaksanakan usai upacara di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0806.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, Edy Soepriyanto mengatakan jika dirinya bersama jajaran Forkopimda berziarah ke makam para pahlawan adalah sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada jasa-jasa mereka.

“Para pahlawan telah secara suka rela memberikan jiwa raga mereka kepada bangsa dan negara. Sehingga, harus selalu diingat sekaligus dijadikan spirit dalam membangun negeri,” ungkap Sekda, Jumat, 10 November 2023.

Tanpa perjuangan pahlawan, sambung dia, generasi saat ini mungkin tidak akan pernah merasakan yang namanya merdeka dari belenggu penjajahan. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, para kusuma bangsa dahulu menolak kalah dan menyerah terhadap keadaan, demi menentukan nasib bangsa ini untuk merdeka.

“Hari pahlawan merupakan momentum yang sangat penting serta bersejarah bagi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara,” tandas Edy.

Menurutnya, pahlawan adalah orang pilihan yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya. Mampu membela kebenaran serta kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok ataupun golongan.

Hanya berbekal do’a, bambu runcing dan peralatan sederhana, semua elemen bangsa melebur menjadi satu. Bersama-sama berjuang melawan penjajah dengan slogan merdeka atau mati. Maka dari itu tidaklah salah bila generasi saat ini merenung dan mengilhami semangat dari nilai perjuangan pahlawan bangsa yang menolak kalah dan menyerah terhadap situasi apapun.

“Dengan begitu, diharapkan semua elemen yang ada ini dapat terus bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya masa depan bangsa yang lebih maju dan sejahtera,” pungkas mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Trenggalek tersebut. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait