Masyarakat Bisa Laporkan Jalan Rusak Lewat Aplikasi Apalan Milik Pemkab Gresik

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com-Pemkab Gresik melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gresik melaunching aplikasi Apalan untuk merespon cepat laporan masyarakat terkait penanganan jalan rusak.

Acara itu dihadiri Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, Ketua DPRD Gresik H. Abdul Qodir, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, serta Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setijadi di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Gresik, Selasa (23/3).

Kepala Dinas PUTR Gresik, Gunawan Setijadi mengatakan, aplikasi Apalan ini sebagai jawaban atas keluhan masyarakat selama ini terkait penanganan jalan rusak. Kehadiran aplikasi ini diharap mampu merespon cepat penanganan jalan rusak melalui tim Unit Respon Cepat (URC) Dinas PUTR Kabupaten Gresik.

“Kita selama ini terkendala informasi dari masyarakat, sehingga dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa melapor 1×24 jam titik lokasi jalan rusak, dan langsung ditangani dan ditindaklanjuti oleh Tim URC,” katanya.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tim URC sebanyak 46 personil URC yang dibagi menjadi 6 tim , meliputi tim Utara, tim Tengah, tim Selatan, tim Bawean. Ada juga tim Siang dan tim Malam.

“Tim URC nantinya selalu siaga dengan segala aduan jalan rusak diseluruh zona, jadi jika ada aduan masyarakat bisa langsung ditangani dan ditindaklanjuti,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) mengapresiasi inovasi Dinas DPUTR Kabupaten Gresik ini. Langkah tersebut dinilai tepat menjadi penanganan respon cepat dari keluhan masyarakat terkait infrastruktur.

“Tim URC harus ditambah, agar langkah penanganan aduan masyarakat terkait kerusakan jalan, kami tidak ingin masyarakat gresik menjadi korban kecelakaan karena jalan rusak,”ujarnya.

Kedepan, Gus Yani meminta agar tim URC terus ditambah sehingga penindakan dan perbaikan jalan rusak semakin maksimal.

“Kita harus sigap dan benar-benar maksimal dalam hal pelayanan, pemerintah harus cepat dalam menangani segala keluhan masyarakat, terutama penanganan infrastruktur jalan,” pintanya.

Di penghujung acara, Bupati Gresik Gus Yani juga sempat menjajal alat Baby Roler atau Walker yang berfungsi untuk memadatkan tanah, kerikil, beton dan aspal untuk konstruksi jalan dan pondasi.(Moh Khoiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait