Masyarakat Harus Ikut Serta Melawan Pelaku Kejahatan Narkotika

  • Whatsapp

SERDANG BEDAGAI-beritalima.com,Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sergai menggelar kegiatan Kampanye Stop Narkoba dalam Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018, dengan Tema : “Menyatukan dan Menggerakan Seluruh Kekuatan Bangsa Dalam Perang Melawan Narkoba, Untuk Mewujudkan Masyrakat Indonesia yang Sehat Tanpa Narkoba,”.

Hal ini disampaikam Kepala BNNK Sergai Adlin M.Tambunan dalam sambutannya di acara HANI 2018 di Gedung Olahraga dan Seni (GOR) Istana Perbaungan. Jumat (13/7/2018) malam yang dihadiri Bupati Sergai Soekirman dalam kesmpatan ini diwakili Kesbang Limaspol Drs.Purba Serigar,Anggota DPRD Sergai Wanretno Simanullang, Kapolsek Perbaungan AKP. Ilham Harahap, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, Danramil Perbaungan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan masyarakat.

Dikatakan Adlin, sejumlah Kasus narkoba dua tahun terakhir di Kabupaten Serdangbedagai, khususnya di wilayah Kecamatan Perbaungan tampak mengejutkan terlihat dari tertangkapnya pelaku peredaran gelap narkoba oleh BNN, Polres Sergai dan Polsek setempat.

“Peredaraan ini terjadi dikarenakan tingginya angka penyalahguna maupun pemakai. Dari data BNN saat ini angka penyalagunaan sebesar 1,77 persen dari jumlah penduduk indonesia. Untuk kecamatan Perbaungan yang memiliki jumlah pemduduk lebih kurang 103.296 jiwa, dari data tersebut diperkirahkan jumlah penyalagunaan di Perbauangan 103.296×1,77% =1.828 orang. Sedangkan yang masih bersih dan perlu dijaga sebanyak 101.468 jiwa,” papar Adlin.

Hal ini merupakan tugas berat dan PR bagi kita semua baik para orang tua, pemerintah dan seluruh komponen masyarakat untuk bergerak secara aktif dan serius melakukan pemcegahan dan melawan pelaku kejahatan Narkotika. Apabila tidak cepat ditanggulangi akan terus menggerogoti anak bangsa dari hulu sampai hilir serta akan kehilangan generasi penerus bangsa.

“Untuk upaya pencegahan dan pemberdayaan,masyarakat yang harus dioptimalkan untuk turut serta aktif dalam menanggulangi permasalahan narkoba,” harap Kepala BNNK Sergai.

BNNK Sergai pada 2017 lalu sudah melaksanakan berbagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yakni diseminasi informasi penyuluhan melalui tatap muka, radio, media cetak dan kampanye narkoba dengan mencapai 5 persen dari penduduk Sergai atau sebanyak 30.400 orang.

Kemudian Advokasi pembangunan berwawasan anti narkoba capaian 6 desa, pemberdayaan alternatif daerah rawan anti narkoba salah satu Desa Nagur, dan melakukan 4 lembaga, dan rehablitas sebanyak 74 orang dan melakukan dukungan kepada klinik komponen masyarakat dan pemutusan jaringan dari target 3 berkas dapat capain 4 berkas ditahun 2017,pungkas Adlin Tambunan.

Sementara itu, Bupati Sergai Soekirman dalam sambutannya yang dibacakan Kaban Kesbanglinmas Drs. Purba Siregar,bahwa peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018, momentum atau salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai bersama pihak terkait sangat serius dan berkomintmen kuat dalam memerangi penyeludupan, peredaraan gelap dan penyalahgunaan narkotika.

“Hal ini dibuktikan adanya koordinasi dan kerjasama yang sinergi dan aktif dengan BNNK Sergai, Polres Sergai, Polres Tebing Tinggi, Kajari Sergai, Dandim 0204 /DS serta berbagai intansi terkait lainya,” ucapnya.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan hiburan dan kegiatan seperti stand up komedi, lawak, testimoni mantan pecandu narkoba, luky draw, flim anti narkoba dan group band. (Agus)

Teks Foto:

Kepala BNNK Drs.Adlin M.Tambunan, didampigi Kaban Kesbanglimas Drs.Purba Siregar, Anggota DPRD Sergai Wanretno Simanullang SH,Msp, Kapolsek Perbaungan AKP Ilham Harahap, Camat Perbaungan Gunawan Jw Hasibuan, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda. (Foto : BL/Agus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *