Melihat Lebih Dekat Penangkaran Rusa Tahura Lampung

  • Whatsapp

BANDAR LAMPUNG, beritalima.com- Penangkaran rusa Taman Hutan Raya (Tahura) “Wan Abdul Rachman” Sumber Agung, Kemiling , Pesawaran, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, setiap hari libur tak pernah sepi dari pengunjung.

Apalagi saat libur Natal 2019 dan menjelang Tahun Baru 2020 yang bersamaan dengan liburan sekolah, membuat destinasi wisata ini penuh dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi wisata alam tersebut dipenuhi dengan para pengunjung yang memberi makan rusa dengan rumput yang sudah disediakan oleh petugas, dengan harga lima ribu rupiah tiap ikat.

Untuk diketahui, penangkaran rusa timorensis Tahura “Wan Abdul Rachman” dibangun pada tahun 2012. Dengan populasi idukan rusa sejumlah 23 ekor yang didatangkan dari Cariu Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan kerjasama BKSDA Lampung dengan UPTD Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurut salah petugas, Ryan, tujuan penangkaran rusa ini, untuk mendapatkan specimen rusa timorensis yang masih tergolong satwa liar dalam jumlah, mutu, kemurnian, jenis dan keanekaragaman genetik yang terjamin untuk kepentingan pemanfaatan.

“Sehingga mengurangi tekanan langsung terhadap populasi di alam. Kalau manfaat tempat penangkaran, yaitu sebagai tempat konservasi, penelitian, pendidikan, menambah pengetahuan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat, khususnya anak-anak terhadap satwa liar. Saat ini terdapat 53 rusa yang dipelihara disini,” terang Ryan. (Lily).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *