Membangun Sumenep, Fattah Jasin Akan Jadikan Kangean Ekonomi Khusus

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Salah satu terobosan Fattah Jasin untuk memajukan Pulau Kangean bila menjabat Bupati Sumenep adalah mengusulkan ke Presiden agar Pulau Kangean menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bacabup Fattah Jasin saat menghadiri pertemuan bersama Nasyiatul Aisyiyah Arjasa, Pulau Kangean, Sabtu sore (29/8/2020).

Kata Fattah Jasin, salah satu cara memajukan ekonomi warga Pulau Kangean adalah mempercepat pembangunan infrastruktur.

Untuk membangun infrastruktur di Kepulauan Kangean secara cepat dan massif butuh dana tak sedikit. Jika menggunakan dana APBD Sumenep tak akan mampu.

Langkah yang akan ditempuh Fattah Jasin jika terpilih menjabat Bupati Sumenep adalah mengusulkan kepada Presiden agar Kangean dan Kepulauan Sumenep yang lain menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Fattah Jasin yakin usulan Kepulauan Sumenep menjadi KEK akan dikabulkan Presiden. Sebab, katanya, Perpres 80 tahun 2019 sudah menetapkan Jawa Timur sebagai zona ekonomi khusus.

“Sementara Perpres 80/2019 menjangkau Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS), serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan. Nanti kami akan usulkan ke Presiden lewat Gubernur Jatim agar Kepulauan Sumenep masuk kawasan ekonomi khusus,” terang Fattah yang disambut tepuk tangan undangan.

Fattah Jasin bercerita, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) 80 Tahun 2019 sebagai cara mempercepat pembangunan ekonomi di Jawa Timur.

Saat pembahasan kawasan itu, Fattah Jasin waktu masih menjabat Kadishub Jatim mengusulkan kawasan Madura, khusus Kepulauan Sumenep perlu menjadi bagian dari kawasan percepatan pembangunan ekonomi kawasan khusus, sebagaimana amanat Perpres 80/2019.

Saat Ibu Gubernur (Khofifah, red.) membahas kawasan pembangunan ekonomi khusus, Madura termasuk Kepulauan Sumenep tak masuk kawasan yang dimaksud Perpres 80. Saya sampaikan kepada Ibu Gubernur bahwa Madura, khususnya daerah Kepulauan Sumenep terisolir. Jika tak diperhatikan, pembangunan Kepulauan Sumenep semakin timpang dengan daerah lain di Jawa Timur,” cerita Fattah Jasin.

“Dari penjelasan itu, alhamdulillah.. Ibu Gubernur Khofifah bisa menerima dan memasukkan Kepulauan Sumenep dalam atensi Perpres itu. Walau tak menjadi prioritas, seperti kawasan wilayah yang telah ditetapkan,” tambah Fattah Jasin.

Karena itu, jika ditakdirkan sebabagi Bupati Sumene, dirinya akan mengalokasikan banyak anggaran ke Kepulauan Sumenep termasuk Pulau Kangean agar pembangunan ekonomi Kepulauan Sumenep cepat terwujud. Sehingga masyakatnya makmur dan sejahtera.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait