Meneladani Jiwa Entrepreneurship Rasulullah, SD Islam Kuttab Bireuen Laksanakan Kegiatan Market Day

oleh -37 views

BIREUEN_betitalima.com| Sekolah Dasar Islam Kuttab (SDIK) Bireuen menggelar kegiatan Market Day, sebuah kegiatan yang memberikan kesempatan pada murid-murid untuk menjadi pelaku usaha yang berlangsung di halaman sekolah.

Pemandangan SD Islam Kuttab terlihat tidak seperti hari-hari biasa, namun dihari Jum’at berkah (17-1-2020), suasana sangat riuh, ceria, mereka menawarkan barang yang mereka jual kepada siapa saja yang terdekat dengan semangat, berbagai jenis makanan mereka jual, mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian.

Bukan hanya siswa SD Islam Kuttab saja tetapi juga Guru, Orangtua, siswa TK Rumah Qur’an ikut berpartisipasi dalam kegiatan Market Day perdana di sekolah tersebut.


Kepala SD Islam Kuttab Bireuen, Drs Mukhtar Yusuf Lc MA melalui Ketua Panitia Pelaksana, Najmi SPdI mengatakan bahwa SDIK memiliki visi membangun generasi qur’ani, berkarakter, cerdas, kreatif, berprestasi dan berakhlak mulia.

Kegiatan market day ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri siswa-siswi sejak dini. Hal ini sejalan dengan tema Market Day perdana disekolah ini “Dengan Yaumul Mubadah Upaya Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Anak dalam Mengikuti Jejak Rasulullah” sebut Najmi’.

“Nabi Muhammad SAW adalah seorang pelaku berbisnis. Maka patutlah kita sebagai seorang umatnya meneladani sikap dan perilaku rasul saat berbisnis. Di era modern ini ada banyak sekali usaha dan bisnis yang bisa di jalankan, demikian memang baik karena dengan membentuk sebuah kemitraan dalam usaha mandiri kita mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri kita maupun memberdayakan masyarakat sekitar”.

Rasulullah Saw sukses dalam berbisnis, hal tersebut diraih dari ketekunan menjalankan usaha, jujur, ramah, berakhlak mulia dan yang demikian sangatlah baik untuk kita teladani. Hal ini karena beliau menerapakan etika dalam berbisnis dan bisa menginspirasi sahabat untuk meneladani sikap Rasulullah yang berbisnis dengan etika “ujarnya”

Najmi berharap Kegiatan Market Day Selain meneladani Rasulullah, market day mampu menanamkan jiwa wirausaha anak sejak dini seperti rasulullah, menanamkan kreatifitas dengan mengedepankan kesehatan, dan kebersihan lingkungan dan mengajarkan matematika aplikatif serta

menanamkan jiwa berani, percaya diri, pantang menyerah dan ketelitian. (Teuku Muhammad)