Menhan Prabowo Pimpin First DEFEND ID’s Day, PT PAL Indonesia Turut Tingkatkan Peran Milenial di Industri Pertahanan

  • Whatsapp

BANDUNG, beritalima.com|
Milenial PT PAL Indonesia bersama jajaran Board of Directors (BoD) PAL menyambut hangat kedatangan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto beserta jajarannya dalam kegiatan “The 1st DEFEND ID’s Day”.

Kegiatan yang mengusung tema “DEFEND ID Terus Maju Wujudkan Indonesia Maju” ini menjadi salah satu bentuk silaturahmi antar holding yang turut dihadiri sebanyak 4.000 lebih peserta keluarga besar DEFEND ID, termasuk 250 Insan PAL.

Lagu “Halo-Halo Bandung” diiringi band Pindad diputar sebagai pembuka dalam kedatangan Menhan RI Prabowo Subianto serta turut menampilkan yel-yel dari Komponen Cadangan (Komcad) DEFEND.ID.

Pelaksanaan DEFEND ID’s Day merupakan perayaan satu tahun tergabungnya BUMN industri strategis dalam holding DEFEND ID, yang pada 20 Mei 2022 telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo di PT PAL Indonesia.

“Berbagai kerjasama dalam satu tahun ini kita lakukan tidak terlepas dari dukungan Bapak Menhan untuk mendorong kemandirian industri pertahanan dan memajukan Indonesia. Pada hari ini kami menjadi saksi bahwa pencapaian 1 tahun DEFEND ID telah terwujud dan akan terus ditingkatkan. Pendapatan tahun lalu mencapai 19,7 triliun dan tahun ini diproyeksikan minimum 26 triliun. Kami akan menepati janji untuk menjadi Top 50 global defense industry sesuai visi DEFEND ID pada tahun 2024. Peningkatan kompetensi di sumber daya manusia dan penguasaan teknologi industri pertahanan dapat terlaksana melalui program-program Research and Development Kementerian Pertahanan RI. Kita mampu untuk menjadi penguasa teknologi, memiliki SDM yang tangguh dan mampu untuk mengerjakan semuanya,” jelas Bobby Rasyidin.

Dalam acara tersebut, PAL turut mendapat kesempatan untuk memaparkan inovasi terkininya, berupa Kapal Selam Otonomus (KSOT) dalam sesi Engineer Talks. PT PAL Indonesia dalam berkontribusi pada kemajuan penguasaan teknologi alutsista matra laut melalui produk strategis Kapal Selam Otonomus, yang mampu mengawal wilayah teritorial laut demi kedaulatan pertahanan Indonesia. KSOT merupakan salah satu inovasi produk yang dikembangkan oleh PT PAL Indonesia melalui riset mandiri yang dilengkapi dengan kecanggihan Artificial Intelligence (AI), dalam patroli KSOT tidak memerlukan awak untuk mengoperasikannya.

Peresmian The 1st DEFEND ID’s Day disimbolkan dengan penekanan tombol oleh Menhan RI Bersama jajaran Direktur Utama anggota holding DEFEND ID. Membuka jalannya acara, Menhan RI Prabowo Subianto menyampaikan,

“Industri pertahanan adalah bagian vital yang menentukan kemerdekaan dan kedaulatan kita. Kita harus bangkit mendukung presiden kita yang terus memantau pergerakan industri pertahanan dan melaksanakan program hilirisasi, semua harus dari Indonesia. Kedepannya saya yakin industri pertahanan kita akan bangkit lebih berprestasi” ucap Prabowo.

Dalam DEFEND ID Day juga terdapat rangkaian acara berupa Recognition for Achievement, PT PAL Indonesia juga menerima penghargaan yang diberikan oleh Menhan RI Prabowo Subianto atas keberhasilan Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dalam menjalankan delivery secara on time di tengah pandemi. Kehadiran kapal BRS yang setara dengan rumah sakit tipe C plus di darat ini dinilai mampu menjadi jawaban sebagai penambahan fasilitas kesehatan yang bergerak di laut, sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Dari sejak awal pendiri bangsa kita ingin Indonesia mampu menguasai teknologi dan menjadi negara industri. Kita harus bertekad industri pertahanan Indonesia dapat bangkit. Bangsa kita merupakan bangsa yang sangat besar dan kaya, sehingga kita tidak boleh menjual sumber daya alam secara mentah lagi, kita harus olah semuanya di Indonesia. Sejak tahun 2015 hingga 2019 jumlah kontrak industri pertahanan meningkat dari 13 menjadi 104 kontrak dan bila ditotal kontak kita menjadi 138 Triliun” tutur Menhan RI Prabowo Subianto.

Di akhir acara, PT PAL Indonesia diwakili milenial PAL, kembali mendapat apresiasi atas keberaniannya dalam menyampaikan aspirasi berupa pertanyaan yang kepada Menhan RI. Sejumlah 250 milenial PT PAL hadir di bumi sangkuriang kali ini, diharapkan dapat meningkatkan solidaritas antar instansi dalam holding DEFEND ID. Melalui pertemuan bersama yang melibatkan Menhan RI diharapkan dapat menuntun PT PAL Indonesia untuk memperkuat semangat nasionalisme khususnya dalam meningkatkan peran milenial di Industri Pertahanan.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait