Menhub Sampaikan Arahan Presiden Terkait Pengamanan Nataru Wilayah Jatim

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, kembali menjadi lokasi pertemuan penting. Kali ini, dari rombongan Kementerian Perhubungan yang menggelar rapat koordinasi persiapan pengendalian transportasi pada masa libur tahun baru 2022.

Kegiatan yang dipimpin Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Polres Madiun Kota ini, Walikota Madiun, H. Maidi, juga turut hadir.

Menhub mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian roadshow lintas provinsi. Sebelumnya, kegiatan serupa juga berlangsung di Cirebon untuk koordinasi wilayah Jawa Barat dan Semarang untuk wilayah Jawa Tengah. Sedangkan Kota Madiun dipilih sebagai tempat koordinasi untuk wilayah Jawa Timur. Sedangkan peserta koordinasi dari daerah lain di Jawa Timur, mengikuti secara virtual.

‘’Kita mencoba mengkoordinasikan apa yang menjadi narasi bapak Presiden terkait bagaimana kota mengatasi Nataru. Tahun baru kali ini spesial karena ada Covid-19 dengan varian omnicorn,’’ ucap Budi Karya Sumadi.

Data ditangannya, sudah ada 500 ribu orang terpapar varian omnicorn ini, di Amerika. Hal itu tentu wajib diwaspadai. Karenanya, ia berkeliling menggelar rakor guna memetakan langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka libur Nataru. Tak heran, pengamanan intensif akan dilakukan bekerja sama dengan petugas kepolisian, TNI, dan juga pemerintah daerah.

‘’Penerapan protokol kesehatan yang ketat juga akan menjadi perhatian dalam pengamanan. Masyarakat diimbau untuk tidak bepergian kalau memang tidak penting-penting amat,’’ tegasnya.

Sementara itu,Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol. Yusri Yunus, menambahkan, setidaknya terdapat 1,8 juta kendaraan keluar dari Jakarta beberapa waktu lalu. Karenanya, arus balik juga menjadi perhatian dalam pengamanan kali ini. Selain itu, juga pengamanan malam tahun baru nanti. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak bereuforia berlebihan dalam menyambut tahun baru.

‘’Prinsipnya taat protokol kesehatan termasuk 5M yang salah satunya mengurangi mobilitas. Karenanya, kita optimalkan pengurangan mobilitas ini untuk menekan penularan kasus,’’ jelasnya.

Ditempat yang sama, Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, Pemerintah Kota Madiun akan mendukung dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi instruksi Menhub dan kepolisian. Bahkan, sejumlah pengetatan sudah dipetakan. Termasuk penutupan Alun-alun, Lapangan Gulun, dan Taman Lalu Lintas mulai pukul 18.00 WIB. Sedangkan tempat-tempat keramaian seperti mall dan lapak akan ditutup mulai pukul 22.00 WIB.

‘’Kesehatan memang yang utama. Jangan sampai setelah libur malah terjadi lonjakan kasus. Ini perlu kita lakukan antisipasi sejak awal,’’ terang H. Maidi.

Sebelum meninggalkan Kota Madiun, rombongan Menhub juga memberangkatan ekspor gerbong barang produk PT Inka ke New Zealand. (Sumber Diiskominfo/editor Dibyo).
Budi Karya S (kiri), H. Maidi (kanan) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait