“Menko Kemaritiman Buka Pelayaran Bhakti Bela Negara Tahun 2016”

oleh -164 views

Jakarta, 22 September 2016
Dalam rangka mencapai Visi Maritim Pemerintah Melalui Kementrian Pertahanan melibatkan Perwakilan Ormas untuk dapat terjun langsung dalam dunia kemaritiman. Langkah Awal dan Program pertama kali di Lakukan Oleh Kemhan adalah dengan diadakannya Pelayaran Bhakti Bela Negara.

Menurut Direktur Bela Negara Kemhan Laksamana Pertama M.Faisal sebagai yang punya Program menyatakan Ini adalah Angkatan Pertama yang dilakukan Kemhan kepada Ormas dalam hal Pengetahuan, wawasan Kebangsaan, Serta Bhakti Kepada Masyarakat yang tinggal didaerah Pesisir / Pulau-Pulau Terluar Indonesia. Program ini di sertai dan diikuti juga oleh Pramuka yang mana melaksanakan kegiatan Saka Bahari, Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan Ormas Se Indonesia sebanyak 115 orang, sedangkan Peserta Saka Bahari Pramuka 300 orang se Indonesia dengan memakai Kapal Perang KRI SURABAYA 591. Adapun kegiatan yang dilakukan selama berlayar adalah Melakukan aksi nyata (Baksos) di Pulau-pulau terluar dan Perbatasan, Penyuluhan, Perkemahan, Seni Budaya, Audiensi dengan Pemda setempat, serta Hal-hal lain tentang kemaritiman. Kegiatan ini adalah Rangkaian Acara sebelum Sail Sekat Karimata, dan Puncak Acara tersebut adalah Sail Selat Karimata 2016 di Kayong Utara 17 oktober nanti.

Sementara itu Sambutan Pembukaan Pelayaran Bhakti Bela Negara 2016 dan Saka Bahari oleh Menteri Kemaritiman Jend TNI (Purn) Luhut B Panjaitan menyambut Positif Kegiatan tersebut, Sesuai dengan Program Presiden yang mana tentang Nawa cita salah satunya Kemaritiman. Negara Indonesia adalah Negara Kaya, masih ada 4 ribu pulau lagi yang belum punya nama. Dam potensi Kemaritiman Indonesia sangat strategis, bila digarap dengan baik bisa puluhan triliun didapat dari Pariwisata dan Perikanan mengalahkan Potensi Sumber Daya Energi, ungkap Luhut Pembukaan di Dermaga 3 Tanjung Priok Tadi Pagi.


Salah Satu Peserta Pelayaran Bhakti Bela Negara Tahun 2016, Megy Aidillova berpendapat, dengan terpilihnya sebagai Angkatan Pertama Program Kemhan pada tahun ini, yang akan dilaksanakan selama 1 bulan kedepan, semoga apa yang akan kami laksanakan betul-betul mampu mengawal Potensi Kemaritiman Indonesia yang sangat Luar biasa ini, ini kerjasama yang baik antar Kementerian dengan melibatkan unsur Pemuda dan ormas, dan berharapa Agar tetap dilanjutkan tahun besok dengan melibatkan lebih banyak unsur lagi, karena selain Bela Negara banyak hal-hal tentang Potensi Kemaritiman Indonesia yang sangat Luar Biasa yang harus dipahami dan digeluti oleh Pemuda, ungkap Megy, pangurus DPW Ipji Sumbar, utusan Ormas IKABANA R.I (Ikatan Kebangsaan Dan Bela Negara Republik Indonesia) .ist