Menteri BUMN Memberi Respons, Toko Indonesia di Perbatasan Kaltara Dibangun Tahun Ini

  • Whatsapp
CINDERAMATA: Tas produk UMKM Kaltara diberikan Gubernur Dr H Irianto Lambrie kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. Toko Indonesia yang akan dibangun di perbatasan diharapkan memenuhi kebutuhan warga Indonesia di perbatasan.

BERITA LIMA – TANJUNG SELOR – KALTARA
Masyarakat Krayan, Kabupaten Nunukan nantinya tidak lagi bergantung pada produk-produk dari negeri tetangga, Malaysia. Pasalnya, pembangunan toko Indonesia di daerah yang berbatasan dengan wilayah Malaysia itu, akan dimulai pada tahun ini.

Seperti diketahui, pembangunan toko Indonesia itu memang diharapkan agar warga Krayan bisa membeli produk-produk dalam negeri, baik kebutuhan pokok seperti gula, minyak goreng maupun kebutuhan lain. Bahkan, tak hanya dengan mudah memperoleh produk-produk dalam negeri, tapi harganya pun sama seperti di wilayah perkotaan.

“Makanya kita akan bangun toko Indonesia di perbatasan seperti Krayan,” ujar Gubernur Dr H Irianto Lambrie.
Pembangunan toko Indonesia ini pun agar semakin meningkatkan kecintaan warga di perbatasan akan produk-produk dalam negeri. Karena selama ini, warga di perbatasan memang lebih bergantung pada produk asal negeri jiran lantaran akses yang hanya bisa melalui jalur udara. Dengan demikian, produk dalam negeri di perbatasan masih sangat terbatas.
“Nanti, untuk barang yang dijual di toko Indonesia kita akan bekerja sama dengan Bulog (Badan Urusan Logistik),” ungkap Gubernur.

Rencana tersebut, lanjut Gubernur, telah dibicarakan dengan direksi Bulog. Dan Bulog pun menyatakan kesiapannya untuk mengisi barang-barang yang akan dijual di toko Indonesia. “Nanti kita juga akan sampaikan kepada pemerintah pusat untuk ongkos angkut barangnya, jadi harga barang yang dijual di toko Indonesia tidak mahal,” jelas Gubernur.
Selain Krayan, toko Indonesia pun akan dibangun di daerah perbatasan lain yang saat ini masih sulit diakses seperti Lumbis dan Long Ampung. Hanya saja, kata Gubernur, pembangunan toko Indonesia di daerah perbatasan lainnya dilakukan secara bertahap.

“Menyesuaikan keuangan daerah. Yang jelas, tahun ini kita realisasikan di Krayan,” ujarnya.
Saat bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Jakarta, Gubernur juga menyampaikan rencana pembangunan toko Indonesia di Krayan yang nantinya bekerja sama dengan Bulog. Rencana tersebut pun mendapat respons positif dari Menteri BUMN.

“Bagus itu, saya akan minta Bulog untuk mendukung agar masyarakat di perbatasan mudah memperoleh produk dalam negeri,” ujarnya. (****)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *