Meriahnya Peringatan HUT RI Ke-71 di Desa Manggis

  • Whatsapp

Beritalima.com – Wonosobo. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah, hal ternyata benar-benar diterapkan Desa Manggis Kecamatan Leksono yaitu dengan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71 dirayakan dengan penuh kemeriahan dimana seluruh warga desa tumpah ruah di lapangan desa pertama. Menjadi pengertian bersama bahwa desa yang terletak di balik gunung Dieng ini memiliki dua lapangan desa yang memiliki perruntukan berbeda, lapangan pertama diperuntukan untuk kegiatan umum dan lapangan kedua hanya untuk kegiatan olahraga dimana terutama untuk sepakbola yang memiliki ukuran standar lapangan sepakbola.

Rangkaian acara dimulai pada hari ini (24/8) yaitu dengan prosesi upacara lanjutan Hari Kemerdekaan. Tampak hadir dalam acara ini semua unsur kepemerintahan desa dari BPD, perangkat desa, RW, RW, PKK, KWT, dan Hansip, selain itu juga para tokoh kepemudaan, tokoh masyarakat, siswa SDN 1 dan 2 Manggis dan SMPN 2 LEKSONO beserta guru, para grup kesenian yang ada di desa penghasil Salak Pondoh terbaik di wilayah Wonosobo dan sekitarnya ini. Kegiatan upacara bendera ini mendapat dukungan dari Koramil Leksono. Sebagai Inspektur upacara adalah Kades Manggis. “Sudah menjadi tradisi di desa kami bahwa setiap peringatan 17 agustus selalu memperingati dari tahun ketahun selalu kami adakan bahkan semakin meriah sebagai salah satu wujud kita cinta tanah air,” ujar Suyanto selaku Kades Manggis selesai upacara.
Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan berbagai perlombaan, pertunjukkan grup-grup kesenian yang ada di desa ini dan senam lansia. Berbagai macam perlombaan dilaksanakan oleh panitia peringatan ini. Bagi para anak-anak perlombaannya telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu bersinergi dengan pihak sekolah. Sedangkan, perlombaan bagi masyarakat dilaksanakan pada hari ini. Diantaranya kesenian tari tradisional dan modern, rebutan pegang ikan lele, gabyak, tarik tambang dan sebagainya. Sedangkan grup kesenian menampilkan pertunjukan sesuai dengan grupnya di tenda masing-masing, diantaranya; kesenian jaranan, kesenian warok, kesenian angguk dan kesenian kuda kepang dhem.
Rangkaian masih dilanjutkan malam ini dengan pertunjukan kesenian kuda kepang wanita dan kesenian khas Wonosobo yaitu lengger semalam suntuk dari grup kesenian dusun Ngebrak. “Alhamdulilliah, masyarakat sangat mendukung acara yang dilaksanakan bahkan masih ada even besar lagi yaitu akan dilaksanakannya pertandingan open tournamen sepakbola yang akan diikuti oleh tim-tim besar yang ada di Wonosobo dan sekitarnya.” Lanjut Kades yang sudah menjabat 3 tahun ini dengan senyuman khasnya diakhir wawancara. (Gus Edi)

Kades Manggis menjadi inspektur upacara. Dok.beritalima.com
Antuasisme warga pada peringatan HUT RI Ke-71. Dok.beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *